Transaksi Mudah Dengan Uang Elektronik

window.adsbygoogle || []).push({});


Salam Berbagi (SABEGI), Transaksi merupakan suatu hal yang sering di lakukan oleh manusia dalam memenuhi segala kebutuhanya. Transakasi bisa di lakukan menggunakan uang atau barang asalkan memenuhi syarat dan ketentuan. Pada era modersn seperti saat ini telah di kenal yang namanya uang elektronik (e-money). Lalu apa itu uang elektronik?, mari lanjutkan membaca.



Uang elektronik atau uang digital adalah uang yang di gunakan dalam transaski internet secara elektronik. Berdasarkan informasi dari website BI, menyebutkan bahwa uang eleltronik adalah alat pembayaran yang di terbitkan atas dasar nilai uang yang di setorkan terlebih dahulu. Nilai uang tersebut di simpan dalam suatu media server, serta dapat di pindahkan apabila sewaktu-waktu akan di gunakan untuk bertransaksi.

Uang elektronik berperan seperti halnya uang tunai, hanya saja bentuknya yang berbeda. Maka dari itu uang elektronik tidak diberikan bunga sebagaimana dana yang tersimpan dalam tabungan.

Ada dua jenis uang elektronik menurut system pembayaranya, yaitu kartu kredit dan kartu prabayar. Kartu kredit memungkinkan pengguna mendapat sejumlah uang dengan cara berhutang pada pihak bank tanpa perlu mengajukan permintaan peminjaman di setiap transaksi.

Sedangkan kartu prabayar kartu yang memugkinkan pengguna membawa uang dalam bentuk digital yang mana nominalnya telah di masukan dahulu sebelumnya atau sering juga di sebut pulsa. Dengan kata lain kartu kredit membawa uang yang akan anda pinjam pada bank sedangkan kartu prabayar uang yang anda miliki dalam bentuk digital.

Ada beberapa manfaat uang elektronik (e-money) yang menguntungkan bagi kita, antara lain :
1. Memberikan kemudahan, kecepatan dan kepraktisan dalam melakukan berbagai transaksi pembayaran.
2. Tidak perlu menerima kembalian yang berwujud barang seperti permen, karena dengan uang elektronik pihak merchant hanya perlu melakukan kliring langsung melalui jaringan computer.
3. Sangat aplikatif, karena bisa digunakan berbagai transaksi masal yang bernilai kecil maupun besar.

Pada era modern seperti saat ini uang elektronin (e-money) sudah sangat efektif di gunakan di kalangan masyarakat. Sekarang giliran anda untuk mencoba, selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Uang_elektronik
http://cekpengertian.blogspot.com/2016/02/pengertian-e-money-dan-manfaatnya.html

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama