SIFAT DASAR DAN DEFINISI KEPEMIMPINAN

 

KEPEMIMPINAN



Sifat - Dasar Kepemimpinan

Sebelum membahas lebih lanjut tentang apa itu kepemimpinan dan bagaimana menjadi pemimpin yang efektif, kita perlu tahu apa arti dari kepemimpinan itu sendiri. Kepemimpnan telah menjadi topic yang sangat menarik dari pra ahli sejarah dan filsafat sejak masa dahulu. Sejak saat itu para ahli telah menawarkan 350 deini tentang kepemimpinan . salah seorang ahli menyimpulkan bahwa “kepemimpinan merupakan salah satu fenomena yang paling mudah diobservasi, tetapi menjadi salah satu hal yang paling sulit untu dipahami” (Richard L. Daft, 1999). Mendefinisikan bahwa kepemimpinan merupakan suatu masalah yang kompleks dan sulit, karena sifat dasar kepemimpinan itu sendiri memang sangat kompleks. Akan tetapi, perkembangan ilmu saat ini telah membawa banyak kemajuan sehingga pemahaman tentang kepemimpinan menjadi lebih sistematis dan  objektif.

Definisi Kepemimpinan

Untuk mempermudah pemahaman kita, maka akan diacuh satu definisi yang kiranya mampu menjadi landasan untuk membahas konsep kepemimpinan itu sendiri. Kepemimpinan merupakan sebuah hubungan yang saling mempengaruhi di antara pemimpin dan pengikut (bawahan) yang menginginkan perubahan nyata yang mencerminkan tujuan bersamanya (Joseph C. Rost., 1993).  Hal ini disebabkan dalam proses interaksi untuk mencapai tujuan, orang-orang yang ada didalamnya membutuhkan seseorang yang dapat mengkoordinasikan, mengarahkan, dan memudahkan orang-orang tersebut untuk mencapai tujuan, baik tujuan individu maupun tujuan organisasi. Tanpa kepemimpinan suatu organisasi hanyalah sejumlah orang atau mesin yang mengalami kebingungan (Keith David, 1981).

Perkembangan Kepemimpinan Individu

Mendasarkan pengertian-pengertian tersebut kepemimpinan merupakan sesuatu yang dapat dilatihkan dan dipelajari untuk meningkatkan kemampuan seseorang menjadi pemimpin yang kreatif. Sesuatu yang perlu diingat bahwa perkembangan seseorang sangat dipengaruhi oleh factor lingkungan, bawaan, gabungan keduanya, dan kemauan. Termasuk perkembangan seseorang untuk menjadi pemimpin juga dipengaruhi oleh ketiga factor tersebut. Dengan kata lain seseorang bisa berkembang menjadi pemimpin, disamping hasil dari hasil belajar tentang pengetahuan bagaimana seharusnya memimpin juga karena bawaan atau bakat serta kemauannya untuk menjadi pemimpin.

Baca : PERBEDAAN ANTARA MANJER DAN PEMIMPIN

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama