Contoh Susunan Acara


Salam Berbagi (SABEGI), Setiap event dan segala kegiatan baik formal maupun non formal, sudah pasti tidak lepas dari sang pembawa acara atau sering di kenal juga dengan Master Ceremony.



Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi contoh susunan acara beserta muqodimah yang sangat sederhana versi saya. Berhubung acara yang sering saya bawa adalah acara formal religi seperti, Maulid Nabi, Isro’ wal Mi’roj dan kegiatan lainya yang berbasis agama Islam. Mari langsung saja di simak,

Assalamualaikum wr. Wb
Alhamdulillah hirobbil ‘alamin, wabihi nasta’in, ala umuridunya waddin wala alihi wasohbihi ajma’in, ama ba’du.
Yang kami hormati Bapak Kepala Desa
Yang kami hormati Bapak KADUS
Yang kami hormati Ketua Panitia Penyelenggara
Yang kami hormati Bapak/Ibu Alim Ulama
Serta bapak dan ibu tamu undangan yang di rahmati allah SWT.

Puji syukur ke-pada allah SWT, yang telah melimpahkan kenikmatan, nikmat sehat, nikmat kesempatan kepada kita semua, sehingga kita dapat bersama-sama menghadiri acara yang mulia ini dengan tidak ada kekurangan suatu apapun. Aminn
Sholawat serta salam tidak lupa pula kita haturkan pada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW, yang telah membawa umatnya dari alam kebodohan menuju alam yang islamiah seperti yang kita rasakan pada saat ini.
Baiklah di sini saya tidak akan membacakan susunan acara pada hari ini.

1.      Pembukaan
2.      Pembacaan ayat suci Al-Quran
3.      Pembacaan Sholawat Nabi
4.      Sambutan – sambutan
a.       Ketua Panitia
b.      Kepala Desa Sapta Mulia
c.       Kepala Dusun Catur Mulia
5.      Inti/mouidoh hasanah oleh Al- Mukarom Ust Nasihun Al-Hafizd
6.      Doa
7.      Penutup

Untuk mempersingkat waktu marilah kita masuk pada acara yang pertama yaitu pembukaan, marilah kita buka dengan bacaan Basmallah bersama-sama.
Bismillahirobbil alamin

Semoga dengan bacaan basmalah tadi acara ini di beri kelancaran hingga akhir nanti, aminn
Acara yang ke- dua yaitu pembacaan ayat suci Al-Quran yang akan di bacakan oleh  Ibu Fatimah, Kepada Fatimah kami silahkan.

Kepada Ibu Fatimah kami haturkan terima kasih semoga bagi yang membaca dan kita yang mendengarkan mendapat pahala dari allah SWT.

Acara yang ke-Tiga yaitu pembacaan sholawat Nabi oleh  Ibu Alfiani, kepada Alfianai kami silahkan.
Kepada Ibu Alfiani kami haturkan terima kasih, semoga dengan bacaan sholawat nabi secara bersama-sama tadi kita mendapatkan syafaat dari beliau Nabi Besar Muhammad SAW kelak di yaumul akhir.

Acara yang ke – empat yaitu sambutan-sambutan, sambutan yang pertama oleh ketua panitia yang akan di sampaikan oleh Bapak Muulyono. Kepada Bapak Mulyono kami silahkan.

Kepada Bapak Mulyono kami haturkan terima kasih, sambutan yang kedua oleh Bapak Kepala Desa, Desa Sapta Mulia, Kepada Bapak Bagio kami silahkan.

Kepada Bapak Bagio kami haturkan terima kasih, sambutan yang ketiga  oleh Bapak Kepala Dusun Catur Mulia. Kepada Bapak Saijo kami silahkan.

Kepada Bapak Saijo kami haturkan terima kasih. Demikian lah tadi sambutan-sambutan, semoga apa yang di sampaikan tadi dapat kita ambil hikmahknya bersama-sama.

Acara selanjutnya dalah inti/ mouidoh hasanah, yang akan di sampaikan oleh Al-Mikarom Ust Nasikhun Al-Hafizd. Kepada beliau kami silahkan.

Demikianlah tadi Mouidoh hasanah yang di sampaikan oleh Al-Mukaron Ust Nasikhun Al-Hafizd, semoga apa yang di sampaikan tadi dapat kita jadikan pelajran dan juga dapat kita amalakan di dalam kehidupan sehari – hari. Amin ya robbal alamin

Dan memasuki acara yang terakhir adalah penutup, namun sebelum saya tutu papa bila dari awal hingga akhir acara terdapat kata-kata atau perilaku saya yang tidak berkenan di hati para tamu undangan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Dan marilah kita akhiri dengan bacaan Hamdalah bersama sama. Alhamdulillah hirobbil alamin.
Saya akhiri wabillahi taufik wall hidayah wassalamualaikun Wr. Wb

Nah, itulah coretan saya mengenai Pembawa acara/MC yang pernah saya coba. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama