Cara Merapikan Paragraf

Salam Berbagi (SABEGI), Dalam penulisan naskah biasanya terdapat beberapa kaidah yang harus di ikuti, seperti misalnya kerapian paragraf dalam penulisan naskah, margin serta line spasi. Sepertinya hal sepele tetapi jikalau tidak tahu mau sampai kapanpun juga tetep saja tidak tau, maka dari itu di sini saya akan membagi tutorial untuk merapikan paragraph, diantaranya yaitu dari kerapian paragraph, line spasi serta margin. Yuk simak di bawah ini.
Pertama kali saya akan membahas tentang kerapian paragraph, di sini ada 4 model  letak paragraph, yaitu rata kanan, rata kiri, rata tengah serta rata kanan kiri. Biasanya kalau untuk penulisan naskah yang formal menggunakan rata kanan-kiri.

Blok teks yang sudah di ketik. Cara mengeblog teks paragraph.

Setelah teks paragraph di blog maka pilihlah justify.
Maka akan seperti ini hasilnya, teks paragraph langsung tersusun secara otomatis.
Setelah paragraph sudah tersusun secara otomatis, sekarang saya akan memberikan tutorial tentang member margin. Margin itu adalah batas kertas, biasanya ukuran margin ini beragam sesuai dengan kaidah yang di minta. Atau biasanya dalam pembuatan makalah ada juga yang sesuai permintaan dari pada guru/dosen yang mengajar.
Pada kesempatan ini saya akan memberikan contoh ukuran 4,3,3,3. 4 untuk ukuran sebelah kiri kertas, yang tiga untuk ukuran batas atas, bawah dan kanan kertas.
Brikut caranya :
Pergi ke page layout, lalu klik kiri pada gambar yang di lingkari warna merah.

Maka akan timbul hasil seperti ini.

Nah gantilah angka sesuai dengan ukuran yang di minta, seperti pada gambar sudah tersedia ukuran batas atas 3 cm, batas kiri 4 cm, batas kanan, 2.54 cm dan batas bawah 2.54 cm. Ganti batas bawah dan batas kanan sesuai seperti yang saya contohkan.

Kemudian pilih Ok. Dan lihatlah perubahan yang terjadi pada batas ketikan pada kertas

Yang terakhir saya akan member line spasi, atau jarak spasi dalam paragraph tiap barisnya.
Pertama blog paragraph.

Kemudian pilih Line Spacing. Di sini saya akan menggunakan line space 1,5, karena biasanya dalam pembuatan naskah formal menggunakan line space 1,5.

Dan lihat hasilnya yang terjadi, teks akan tampak lebih rapi dan mudah untuk di baca.

Itu tadi ulasan mengenai Kerapian paragraph, line space dan margin, semoga bermanfaat.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama