Lakukan 5 Hal Sederhana Ini Setiap Pagi


Muslimahdaily
 - Hidup sehat itu ternyata mudah dan murah, lho. Tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk bisa mendapatkan tubuh yang sehat, asal kita bisa menjaganya dengan melakukan pola hidup yang baik. Mengawali hari-hari kamu dengan aktivitas yang sehat bukan hanya membuat mood baik dan bersemangat sepanjang hari, tapi juga tubuh yang sehat dan kuat.

Beberapa aktivitas sederhana berikut ini sangat mudah diterapkan. Kamu hanya perlu bangun pagi dan rutin melakukan hal-hal berikut ini:



1. Sholat Subuh

Sholat Subuh ternyata menyimpan banyak faedah untuk kesehatan. Berbagai penelitian sudah dilakukan dan menyatakan jika sholat subuh dapat membantu kelancaran peredaran darah. Gerakan-gerakan yang kita lakukan saat sholat subuh membantu tubuh untuk kembali bekerja dengan baik.

Apalagi jika sholat subuh dilakukan di Masjid. Ketika kita jalan kaki menuju Masjid, udara saat pagi hari akan membuat tubuh terasa sangat segar. Otak akan mendapatkan kembali oksigen yang masih bersih dan cukup untuk bisa menjaga tubuh tetap prima. Maka dari itu, tubuh akan segar sepanjang hari.

2. Minum Air Putih
Hal sederhana lainnya adalah dengan meminum air putih di saat perut masih kosong. Sebelum makan apa pun, sebaiknya, minumlah air putih minimal satu gelas. Meminum air putih di pagi hari memiliki begitu banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Beberapa manfaat minum air putih di pagi hari antara lain dapat membersihkan usus agar bisa bekerja menyerap zat-zat yang kita makan lagi selanjutnya. Untuk kamu yang suka menjaga berat badan, minum air putih dapat melancarkan buang air besar dan tentunya melangsingkan tubuh. Tentu ini menjadi diet sehat yang mudah, bukan?

Tak hanya itu, air putih pun baik untuk kecantikan. Minum air putih setiap pagi hari berguna sebagai anti oksidan yang mengeluarkan racun-racun dalam tubuh. Karena itu, wajah akan terlihat lebih bersinar dan bersih.

3. Olahraga
Agar otot-otot tubuh tidak kaku dan metabolisme tubuh bisa berjalan dengan baik, olahraga atau melakukan latihan rutin adalah salah satu cara untuk menjaganya. Tidak perlu olahraga yang sulit, karena beberapa gerakan latihan sederhana cukup membantu, apalagi kamu yang sibuk.

Kamu cukup melakukan gerakan-gerakan pemanasan dan latihan yang kamu sukai selama minimal 30 menit. Beberapa pilihan latihan yang mudah antara lain, jalan atau lari pagi, senam, dan kardio. Kamu juga bisa melakukan hobi kamu seperti bermain bulu tangkis atau bahkan melakukan berbagai pekerjaan rumah yang bisa membuat kamu berkeringat. Lakukan paling tidak 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Mandi
Mandi di pagi hari juga memiliki manfaat untuk tubuh kita. Selain menyegarkan dan membuat kamu lebih terbangun di pagi hari, mandi pagi punya banyak manfaat lainnya. Mandi di pagi hari bisa mengurangi panas dalam sehingga kamu tidak mudah sariawan.
Saat kita mandi pagi hari, sirkulasi darah juga akan lancar. Tubuh akan lebih kuat terhadap banyaknya serangan virus, bakteri, dan juga kuman. Kamu juga bisa lebih rileks sehingga jauh dari stres karena oksigen yang terpenuhi sirkulasi darah yang lancar tadi.

5. Sarapan
Jangan remehkan sarapan pagi! Kamu yang tak terbiasa sarapan pagi sebaiknya mulai melakukan hal ini. Sarapan pagi sangat dibutuhkan tubuh karena saat tidur, tubuh kita melakukan banyak pekerjaan di dalam tubuh sehingga perut kosong dan oksigen pun berkurang.

Sarapan ini sangat penting, meski tak harus makan makanan yang berat. Tubuh butuh asupan makanan agar bisa bekerja lagi dengan normal dan mengembalikan enerji kita. Sebuah studi menemukan fakta bahwa anak-anak yang biasa sarapan pagi lebih bisa fokus dan berprestasi lebih baik dari pada mereka yang tidak pernah sarapan.

Bahkan, sarapan pagi ternyata bisa membantu diet seseorang. Mengapa demikian? Saat kita sarapan pagi, asupan makanan tersebut akan mengontrol tubuh kita untuk tidak makan berlebih di siang hari, karena sarapan bisa menyimpan lemak dan kalori yang dibutuhkan sepanjang hari.

Ternyata gampangkan menerapkan pola hidup sehat. Asal dilakukan rutin dan konsisten, kini semakin banyak alasan untuk kamu bangun dan beraktivitas dari pagi hari, bukan?

Sumber : muslimahdaily.com



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama