6 GEJALA BARU PADA PENDERITA COVID-19

Beilmin - Pasien yang terinfeksi virus corona jenis baru atau Covid-19 di dunia semakin bertambah. Per Kamis (30/4), jumlah total kasus infeksi di seluruh dunia sudah mencapai 3,2 juta orang, dengan 1 juta di antaranya sudah sembuh, dan 228.000 orang sudah meninggal karena virus berbahaya ini. 
Di Indonesia, total kasus Covid-19 sudah mencapai 9.771 orang, dengan 1.391 di antaranya dinyatakan sembuh, dan 784 orang lainnya meninggal.
Ilustrasi Covid-19. (Foto: Antara)
Masyarakat pun masih harus terus mewaspadai penularan virus ini. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) bahkan menambahkan enam gejala baru jika seseorang terserang Covid-19 ke dalam daftar.
Dengan ditambahkannya gejala baru ini, CDC menyarankan ahli kesehatan untuk belajar lebih banyak tentang pengaruh SARS-CoV-2 kepada tubuh manusia. 
Dikutip dari Halodoc, sebelumnya CDC hanya mencatat tiga gejala terkait Covid-19, yakni sesak napas, batuk, dan demam. Seiring berjalannya waktu, CDC memasukkan beberapa gejala ke dalam daftar yang bisa muncul dua hingga 14 hari setelah terpapar virus corona, yaitu:
1. Demam disertai keringat dingin;
2. Tremor berulang kali dengan menggigil;
3. Nyeri otot;
4. Sakit kepala;
5. Sakit tenggorokan;
6. Kehilangan indra perasa atau sulit mencium bau.
Mario Ramirez, mantan direktur pelaksana Office of Pandemics and Emerging Threats menjelaskan bahwa frekuensi gejala pada penyakit baru akan berubah seiring waktu, bahkan dengan penyakit berulang seperti influenza musiman. 
Penambahan gejala baru ini diharapkan membantu diagnosis dan membuat orang-orang lebih peduli lagi terhadap kesehatannya. 
Para peneliti akan terus mempelajari tentang SARS-CoV-2 sebagai virus corona jenis baru dan bagaimana pengaruhnya terhadap tubuh kita, baik secara langsung maupun jangka panjang. 
Seiring berjalannya waktu, dipastikan akan lebih banyak gejala yang dapat ditambahkan ke daftar resmi dan komplikasi lain dari Covid-19 kemungkinan akan ditemukan.
Sumber : https://umma.id/s/mYnyUv

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama