EFEKTIVITAS DAN PRINSIP-PRINSIP KEPEMIMPINAN

 


Efektivitas Kepemimpinan

Efektivitas  berbeda dengan keberhasilan. Efektivitas mengandung makna ketepatan pencapaian tujuan yang diharapkan atau kesesuaian apa yang seharusnya dilakukan (to do the right things). Apabila kepemimpinan merupakan suatu proses mempengaruhi orang lain untuk berperilaku sesuai dengan keinginan pemimpin , efektivitas kepemimpinan diukur dengan adanya kesediaan orang lain untuk berprilaku sesuai dengan tujuan pemimpin dan organisasi tanpa ada rasa paksaan. Sedangkan kepemimpinan yang berhasil adalah pemimpin yang berhasil mencapai tujuan organisasi tanpa mempertimbangkan apakah orang lain merasa terpaksa atau tidak untuk melakukannya.

Baca : FUNGSI KEPEMIMPINAN

Prinsip-prinsip Kepemimpinan

Prinsip kepemimpinan merupakan pokok-pokok pikiran yang dianggap benar yang harus ada dan dilakukan dalam proses kepemimpinan. Ada sejumlah prinsip-prinsip kepemimpinan yang sangat mendasar yang perlu dipegang dan dilakukan oleh seorang pemimpin, diantaranya adalah:

1.   Kepemimpinan bukan sekedar kedudukan khusus yang diduduki seseorang dalam suatu organisai.

2.      Perilaku dan tindakan pemimpin harus bisa dicontoh oleh bawahan.

3.      Kepemimpinan adalah ilmu dan proses.

4.      Pemimpin bukan seorang yang berada di puncak hirerarki suatu organisai yang terpisahkan dengan pengikutnya.

5.    Untuk mendapatkan kepengikutan, seorang pemimpin harus melalui proses memengaruhi yang dilakukan melalui berbagai cara dengan melihat pada situasi bawahan.

6.    Pemimpin perlu memberdayakan bawahan agar dapat mengidentifikasi tugas-tugas yang akan dilakukan dan tidak melakukan kesalahan.

Baca : PERBEDAAN ANTARA MANAJER DAN PEMIMPIN

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama