KAPAN MALAM LAILATUL QADAR ITU? DAN APA KEUTAMAANYA?

Beilmin - Lailatul Qadar adalah malam yang sangat istimewa dalam agama Islam. Malam ini terjadi pada bulan Ramadan, tetapi tanggal pastinya tidak diketahui. Namun, banyak hadits dan ayat Al-Quran yang mengindikasikan bahwa malam Lailatul Qadar terjadi pada 10 hari terakhir bulan Ramadan, terutama pada malam ganjil seperti malam ke-21, 23, 25, 27, atau 29.

KAPAN MALAM LAILATUL QADAR ITU? DAN APA KEUTAMAANYA?

Keutamaan Lailatul Qadar sangatlah besar dalam Islam. Dalam surat Al-Qadr (97) ayat 1-5, Allah SWT berfirman:

"Inna anzalnahu fi lailatil qadr, wa ma adraaka ma lailatul qadr, lailatul qadri khairun min alfi shahrin, tanazzalu almalai'katu war-ruhu fiha bi idhni rabbihim min kulli amr."

Artinya: "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam Lailatul Qadar. Dan tahukah kamu apakah malam Lailatul Qadar itu? Malam Lailatul Qadar itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. "

Dari ayat tersebut, kita bisa menyimpulkan bahwa keutamaan Lailatul Qadar adalah sebagai berikut:

Malam Lailatul Qadar adalah malam turunnya Al-Quran. Oleh karena itu, malam ini menjadi momen yang sangat baik untuk meningkatkan kecintaan dan kekhusyukan kita dalam membaca, mempelajari, dan mengamalkan Al-Quran.

KAPAN MALAM LAILATUL QADAR ITU? DAN APA KEUTAMAANYA?


Keutamaan Lailatul Qadar dibandingkan dengan seribu bulan artinya perbuatan baik yang dilakukan pada malam ini akan mendapatkan pahala yang setara dengan perbuatan baik yang dilakukan selama seribu bulan atau 83 tahun dan 4 bulan.

Pada malam Lailatul Qadar turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril untuk mengatur segala urusan. Oleh karena itu, pada malam ini, doa-doa kita akan lebih cepat dijawab oleh Allah SWT.

Lailatul Qadar adalah malam penuh berkah dan ampunan. Pada malam ini, kita diharapkan untuk memohon ampunan dan taubat kepada Allah SWT serta meningkatkan amal ibadah dan ketaqwaan kita.

KAPAN MALAM LAILATUL WADAR ITU? DAN APA KEUTAMAANYA?

Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk memperbanyak ibadah pada 10 malam terakhir Ramadan, terutama pada malam ganjil seperti malam ke-21, 23, 25, 27, atau 29. Kita juga diharapkan untuk melakukan perbuatan baik dan bersedekah pada malam ini. Semoga Allah SWT memberikan kita kemampuan untuk meraih keutamaan Lailatul Qadar dan menerima amal ibadah kita. Aamiin.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama