Makalah Sistem Komputer


MAKALAH
SYSTEM KOMPUTER

  




GURU PEMBIMBING : Reko Metra, S.com

Disusun oleh:
·  Dwi Kurnia Ningsih
·  Eri Riskawati
·  Fajar Ftria Angraeini
·  Muhamad Nur Rohmadi
·  Sigit Purnomo
·  Siti Aminah


DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
SMK NEGERI 6 KABUPATEN TEBO
2014/2015


KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat dan kekuatan yang diberikan kepada saya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas makalah pada pelajaran SYSTEM KOMPUER
Pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu melalui bimbingan, dukungan, motivasi, dan doa. Penulis juga menyadari akan adanya keterbatasan didalam laporan ini. Namun penulis berharap kiranya dapat diambil manfaatnya karena segala sesuatu yang tertulis didalam laporan ini merupakan pengalaman lapangan.

Demi untuk memperbaiki penulisan ini penulis berharap dan lapang dada untuk menerima saran dan kritikan yang bersifat membangun. Akhir kata penulis mengucapkan terima kasih banyak semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi yang membacanya.





                               Rimbo Bujang, 29 Oktober 2014



                                                                                         Penyusun

DAFTAR ISI

Kata pengantar .........................................................................................
Daftar isi.....................................................................................................
BAB I Pendahuluan...................................................................................
1.1. Memahami struktur CPU dan fungsi CPU............................................
1.2. Membuat rangkaian internal CPU.........................................................
BAB II Pembahasan..................................................................................
2.1. Struktur dan fungsi CPU.......................................................................
2.2. Setruktur CPU ( ALU, Control unit dan register ).................................
2.2.1. ALU............................................................................................
2.2.2. Control Unit................................................................................
2.2.3. Register Internal..........................................................................
2.2.4. CPU Interconnections.................................................................
BAB III Penutup........................................................................................
3.1. Kesimpulan...........................................................................................
3.2. Saran.....................................................................................................
Daftar Pustaka

BAB I
PENDAHULUAN




1.1. Memahami fungsi dan struktur CPU
CPU (Central Processing Unit)
CPU merupakan tempat pemroses instruksi-instruksi program, yang pada komputer mikro disebut dengan micro-processor (pemroses mikro). Pemroses ini berupa chip yang terdiri dari ribuan hingga jutaan IC. Dalam dunia dagang, pemroses ini diberi nama sesuai dengan keinginan pembuatnya dan umumnya ditambah dengan nomor seri, misalnya dikenal pemroses Intel 80486 DX2-400 (buatan Intel dengan seri 80486 DX2-400 yang dikenal dengan komputer 486 DX2), Intel Pentium 100 (dikenal dengan komputer Pentium I), Intel Pentium II-350, Intel Pentium III-450, Intel Celeron 333, AMD K-II, dan sebagainya.
CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
CPU terdiri dari dua bagian utama yaitu unit kendali (control unit) dan unit aritmatika dan logika (ALU). Disamping itu, CPU mempunyai beberapa alat penyimpan yang berukuran kecil yang disebut dengan register.
1.2.Membuat rangkaian internal CPU


BAB II
PEMBAHASAN
2.1. Struktur dan fungsi CPU
       A. Komponen Utama CPU
CPU tersusun atas beberapa komponen, yaitu :
·  Arithmetic and Logic Unit (ALU
·  Control Unit.
·  Registers
·  CPU Interconnections
B.     Fungsi CPU
CPU memiliki fungsi untuk menjalankan Program-program yang disimpan dalam memori utama dengan cara mengambil instruksi-instruksi, menguji instruksi tersebut dan mengeksekusinya satu persatu sesuai alur perintah.
            Pandangan paling sederhana proses eksekusi program adalah dengan mengambil pengolahan instruksi atau sering disebut juga dengan siklus instruksi.
2.2. Struktur CPU
CPU merupakan komponen terpenting dari sistem komputer. CPU adalah komponen pengolah data berdasarkan instruksi – instruksi yang diberikan kepadanya. Dalam mewujudkan fungsi dan tugasnya, CPU tersusun atas beberapa komponen  yaitu :
2.2.1   Arithmetic and Logic Unit (ALU), bertugas membentuk fungsi – fungsi pengolahan data komputer. ALU sering disebut mesin bahasa (machine language) karena bagian ini mengerjakan instruksi – instruksi bahasa mesin yang diberikan padanya. Tugas utama dari ALU adalah melakukan perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program. Sirkuit yang digunakan oleh ALU ini disebut dengan adder karena operasi yang dilakukan dengan dasar penjumlahan. Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari operasi sesuai dengan instruksi program yaitu operasi logika (logical operation). Operasi logika meliputi perbandingan dua buah elemen logika dengan menggunakan operator logika, yaitu :
• Sama dengan (=)
• Tidak sama dengan ( <> )
• Kurang dari ( < )
• Kurang atau sama dengan dari ( <= )
• Lebih besar dari ( > )
• Lebih besar atau sama dengan dari ( >= )
2.2.2.      Control Unit, bertugas mengontrol operasi CPU dan secara keselurahan mengontrol computer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi – fungsi operasinya. Selain itu CU menafsirkan perintah dan menghasilkan sinyal yang tepat untuk bagian lain dalam sistem komputer. Unit ini mengatur kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan dari program komputer. Bila terdapat instruksi perhitungan atau logika maka unit ini akan mengirim instruksi tersebut ke ALU. Dengan demikian tugas dari Control Unit ini adalah :
• Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output
• Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama
• Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses
• Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau   perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU
• Menyimpan hasil proses ke memori utama.
·  Registers, adalah media penyimpan internal CPU yang digunakan saat proses pengolahan data. Memori ini bersifat sementara, biasanya digunakan untuk menyimpan data saat diolah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya. Register merupakan jenis memori yang terdapat pada processor dan sebagai memori internal processor. Register merupakan memori yang mempunyai kecepatan tinggi 5 sampai 10 kali dibandingkan memori utama. Register digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses oleh CPU, sedang instruksi-instruksi dan data lainnya yang menunggu giliran untuk diproses masih
disimpan di memori utama.
·  CPU Interconnections, adalah sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal CPU, yaitu ALU, unit kontrol dan register – register dan juga dengan bus – bus eksternal CPU yang menghubungkan dengan sistem lainnya, seperti memori utama, piranti masukan/keluaran.




BAB III
PENUTUP

3.1. Kesimpulan
CPU merupakan tempat pemroses instruksi-instruksi program, yang pada komputer mikro disebut dengan micro-processor (pemroses mikro). CPU memiliki fungsi untuk menjalankan Program-program yang disimpan dalam memori utama dengan cara mengambil instruksi-instruksi.
CPU tersusun atas beberapa komponen, yaitu :
·  Arithmetic and Logic Unit (ALU
·  Control Unit.
·  Registers
·  CPU Interconnections

3.2. Saran
Setelah memahami penjelasan dari struktur dan fungsi dari CPU, kami sebagai penyusun berharap. Agar siapapun yang membacanya dapat memahami


DAFTAR PUSTAKA

2.   http://ardtechnology.blogspot.com/2010/10/risc-dan-cisc.html
4.  http://www.google.com

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama