HIKMAHNYA BANGUN PAGI

Beilmin - Bangun pagi bagi sebagian orang sulit adalah sesuatu hal yang sulit dilakukan. Terlebih ketika akhir pekan menghampiri. Padahal hal ini adalah kebiasaan yang tidak baik, sebab banyak sekali kerugian yang akan didapatkan.

Rasulullah SAW senantiasa menganjurkan umatnya untuk bangun pagi. Kenapa demikian? Ternyata bangun pagi baik untuk kesehatan tubuh. 

Sebagaimana yang disebutkan dalam hadis Imam Ath-Thabrani dan Al-Bazzar R. Huma, Rasulullah SAW bersabda: ”Bangunlah pagi hari untuk mencari rezeki dan kebutuhan-kebutuhanmu. Sesungguhnya pada pagi hari terdapat barokah dan keberuntungan.”


Ilustrasi. (Foto: suaraislam.id)

Direktur Utama Rumah Sakit Haji Jakarta dr Syarief Hasan Luthfi mengatakan bangun pagi memiliki banyak manfaat untuk tubuh, sebab manusia membutuhkan sinar matahari pagi untuk proses anabolisme tubuh.

"Setelah malam hari beristirahat untuk katabolisme, pagi hari dimulai anabolisme dengan sinar matahari terbit sebagai sumber vitamin D dan ultraviolet," ujar dr Syarif saat dihubungi umma, Selasa (17/9/2019).

Tubuh membutuhkan sinar matahari langsung untuk memproduksi vitamin D. Sinar ultraviolet dari matahari yang mengenai kulit akan membentuk vitamin D3 atau previtamin D dalam jumlah banyak. 

Vitamin D3 kemudian diolah hati dan ginjal menjadi vitamin D aktif yang dibutuhkan oleh tubuh. Waktu terbaik mendapatkan sinar matahari ini adalah sebelum pukul 09.00 WIB pagi.

"Bangun pagi juga membuat tubuh mulai beraktivitas saat suhu basal di pagi hari, hal ini agar sirkulasi darah lancar ke seluruh tubuh," jelasnya.

Suhu basal tubuh adalah kondisi suhu tubuh pada pagi hari sebelum bangun dari tempat tidur dan mulai beraktivitas

Sumber : https://umma.id/s/fuInqa

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama