INI MANFAAT NYA TIDUR DAN BANGUN LEBIH AWAL


Beilmin - Sahabat, Bagi sebagian orang, tidur cepat dan bangun pagi bukan perkara gampang. Begadang sudah menjadi kebiasaan meskipun sudah tahu dampak negatifnya.

kebiasaan tidur lebih awal dan bangun lebih pagi selain sesuai dengan gaya hidup sehat juga bisa meningkatkan peluang untuk sukses. Tidak percaya? Berikut buktinya.

Meningkatkan kesempatan sukses

Menurut Christopher Randler, profesor biologi dari University of Education di Heidelberg, Jerman, “Jika ingin jadi pebisnis sukses, kuncinya adalah bangun pagi. Penelitian yang saya lakukan menunjukkan, orang yang bangun pagi punya nilai lebih bagus di sekolah, sehingga mereka bisa masuk universitas terbaik, yang akhirnya membuat mereka lebih mudah mendapatkan pekerjaan bergengsi. Orang yang bangun pagi juga lebih antsipasi terhadap masalah.”

Orang yang bangun pagi lebih gigih, koperatif, teliti, dan menyenangkan

Penelitian Randler juga menemukan bahwa orang yang bangun pagi cenderung lebih gigih, koperatif, menyenangkan, dan teliti. Ini semua merupakan sifat-sifat positif pemimpin sukses.

Mengurangi stres dan membuat lebih bahagia

Katakanlah kamu harus berangkat pukul 8 pagi, tapi baru bangun pukul 7.30. Akibatnya kamu terburu-buru mandi, berpakaian, dan sarapan seadanya karena takut terlambat. Tapi kalau kamu bangun pukul 6, kamu punya waktu dua jam untuk bersiap-siap. Pagimu bebas dari stress.

Satu jam pertama setelah bangun tidur menentukan mood sepanjang hari. Hal ini berdasarkan studi yang dilakukan Dr. Joerg Huber dari Roehampton University di London Inggirs. “Orang yang bangun pagi lebih sehat dan bahagia, serta punya massa tubuh lebih rendah.”

Lebih sehat

Kurang tidur dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Studi menunjukkan bahwa orang yang tidak mendapatkan tidur yang berkualitas atau tidur yang cukup lebih berisiko terserang virus flu. Kurang tidur juga dapat mempengaruhi seberapa cepat kamu pulih ketika sedang sakit.

Selama tidur, sistem kekebalan tubuh akan melepaskan protein yang disebut sitokin. Sitokin dalam jumlah tinggi diperlukan ketikan tubuh mengalami infeksi atau peradangan, atau ketika sedang stres. Kurang tidur dapat menurunkan produksi sitokin, antibody, dan sel-sel pelawan infeksi sehingga kamu akan lebih lama sembuh.

Tidur memuatmu terlihat lebih baik

Ada sebuah studi menarik yang dilakukan Universitas Stockholm. Studi tersebut menemukan bahwa orang yang terlihat lelah dianggap tidak sehat dan kurang menarik. Memang hal ini bukan masalah besar. Tapi penampilan yang sehat berpengaruh ketika kamu ingin menarik perhatian lawan jenis, klien potensial, atau calon investor, atau sekedar wawancara kerja.

Itu tadi adalah manfaat jika Anda tidur lebih awal dan bangun lebih pagi. Nah sekarang kamu sudah tahu kan, jadi jangan begadang dan tidur terlalu lama.

Sumber :

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama