UNTUK MUSLIMAH! PERHATIKAN BEBERAPA HAL INI SAAT NAIK MOTOR


Beilmin - Mobilitas kaum hawa masa kini sudah sangat tinggi. Bersekolah, bekerja, pengajian dan masih banyak lagi kegiatan yang harus dihadiri. Untuk memudahkan mobilitasnya banyak muslimah yang memilih motor sebagai kendaraan favoritnya. Motor yang tidak memiliki atap membuat paparan matahari, debu, dan angin mudah menyerang muslimah. Untuk itu sebagai muslimah bikers ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, diantaranya sebagai berikut:

1. Gunakan helm standar SNI.

Ingat, aspal itu keras. Ia tak akan berubah jadi empuk. Jauh atau dekatnya jarak tempuh, jangan dijadikan alasan untuk menanggalkan helm.

2. Sebaiknya gunakan motor matic.

Muslimah tak direkomendasikan menggunakan motor bebek. Apalagi bagi muslimah yang mengenakan jilbab dengan ukuran besar atau panjang—khimar. Sebaiknya gunakan motor jenis matic. Kecelakaan biasanya terjadi karena jilbab atau gamis terlilit velg roda belakang atau rantai motor.

3. Garung Sarung tangan

Lindungi kulit tangan muslimah dari paparan matahari. Bagian puggung tangan sering menjadi arena yang paling mudah terpapar matahari. Tabir surya untuk tangang ini bis juga digantikan oleh sarung tangan.

4. Perhatikan khimar Anda.

Ketika berboncengan, perhatikan khimar Anda. Jangan sampai menutupi lampu rem dan atau lampu sen motor yang tengah Anda kendarai. Jika lampu rem tertutup, itu sangat berbahaya. Karena akan menyulitkan pengendara di belakang Anda.

5. Tabir surya untuk wajah atau masker

Tabir surya menjadi produk pertama yang wajib dipakai untuk muslimah bikers. Saat berkendara, perlindungan dari sinar matahari tentu menjadi hal yang utama untuk diperhatikan. Pastikan untuk menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF dan juga PA. Hal ini berfungsi untuk mencegah serangan radikal bebas dan hiperpigmentasi atau wajah yang belang.

selain dengan tabir surya muslimah juga bisa menggunakan masker wajah kain atau masker wajah sekali pakai. Tetapi apabila diiringi dengan menggunakan tabir surya tentu hasilnya akan lebih aman. karena bagian-bagian tertentu yang tidak terlindungi masker akan tetap terlindungi tabir surya.

6. Perhatikan aurat.

Jangan lupakan soal aurat, yang kadang tersingkap ketika berkendara. Gunakan legging, celana dan atau kaus kaki yang panjang, agar aurat Anda tertutupi—meski sudah menggunakan gamis, gunakanlah celana panjang longgar dan berbahan kuat untuk melindungi kaki saat rok tersibak.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama