DAMPAK NEGATIF MEMAKSA SIKECIL BERPUASA

Beilmin - Berikut dampak negatif dari terlalu memaksa anak untuk berpuasa:
1- Berbohong
Saat anak sudah sampai titik tidak bisa menahan haus bahkan lapar, maka tidak menutup kemungkinan anak malah akan belajar yang namanya berbohong. Ya, secara sembunyi-bunyi minum atau makan tanpa sepengetahuan orang tua.
Oleh karena itu seyogyanya orangtua mendahulukan pemahaman makna berpuasa kepada anak, setelah itu perlahan didorong untuk berpuasa selama setengah hari.
2- Gagal Paham
Ketika anak telah memulai suatu ibadah karena keterpaksaan, maka anak tersebut akan sulit untuk memahami makna yang hakiki dari puasa, karena pada dasarnya puasa tidak hanya menahan lapar maupun dahaga selama seharian saja. Ada pahala dan hikmah dari puasa bagi yang telah melakukan secara ikhlas.
3- Trauma
Rasa trauma akan sangat melekat, terutama bagi seorang anak kecil. Oleh sebab itu sebaiknya ajarkan puasa secara perlahan namun terukur. Dengan begitu  insyallah anak akan lebih ikhlas dan orangtuapun juga akan lebih sabar untuk membentuk anak bisa mencintai dan mempraktikan amalan puasa.
Itulah beberapa dampak negatif karena terlalu memaksakan belajar puasa bagi anak, namun bukan berarti belajar puasa sejak dini itu tidak baik, melainkan agar orangtua juga belajar untuk lebih bijak sekaligus terukur dalam membantu mendorong anak untuk belajar puasa ramadhan.
Semoga bermanfaat!
Sumber : https://umma.id/s/BVBZby

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama