Apakah Benar Minum Air Dingin saat Cuaca Panas Berbahaya?

Beilmin - Meskipun bisa membantu tubuh lebih cepat mengatasi dehidrasi saat cuaca sedang panas, pakar kesehatan menyebut ada beberapa efek kesehatan yang bisa didapatkan jika kita terlalu sering mengonsumi air dingin.
Berikut adalah dampak-dampak kesehatan tersebut.
1. Mengganggu Fungsi Saluran Pencernaan
Air dingin ternyata bisa membuat pembuluh darah berkontraksi, khususnya yang ada di dekat saluran pencernaan. Dampaknya ternyata bisa mengganggu proses penyerapan nutrisi makanan, lho. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang justru mengubah fokusnya dari menyerap nutrisi makanan menjadi menyeimbangkan suhu air yang kita konsumsi agar sesuai dengan suhu internal tubuh, yakni sekitar 37 derajat Celcius.
Melihat fakta ini, pakar kesehatan lebih menyarankan kita untuk mengonsumsi air dengan suhu biasa setelah makan sehingga tubuh tidak perlu bekerja keras menyamakan suhu air tersebut dengan suhu tubuh. Nutrisi makanan pun bisa diserap dengan jauh lebih baik.
2. Mengganggu Irama Jantung
Mengonsumsi air dingin ternyata juga bisa membuat denyut jantung menurun, lho. Hal ini disebabkan oleh terangsangnya saraf kranial kesepuluh atau yang lebih dikenal dengan saraf vagus. Saraf ini berperan besar dalam pengendalian denyut jantung.
Masalahnya adalah denyut jantung yang menurun bisa mempengaruhi sirkulasi darah kita. Jika sampai ada bagian tubuh yang tidak mendapatkan pasokan darah dengan cukup, tentu akan membuat tubuh akan terasa lesu dan kurang bertenaga.
3. Meningkatkan Risiko Radang Tenggorokan
Memang, air dingin tidak serta merta memicu radang tenggorokan, namun mengonsumsinya bisa membuat produksi lendir di dalam tenggorokan meningkat dengan signifikan dan akhirnya bisa memicu peradangan dengan rasa nyeri dan tidak nyaman.
Melihat fakta ini, pakar kesehatan menyarankan kita untuk lebih cermat dalam mengonsumsi air dingin. Sebagai contoh, sebaiknya tidak langsung meminumnya setelah makan dan memastikan bahwa air yang dikonsumsi adalah air putih, bukannya air dengan tambahan rasa atau pemanis yang kurang baik bagi kesehatan.
Nah itulah beberapa efek kesehatan tersendiri minum air dngin.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama