KEPEMIMPINAN STRATEGIS DAN VISIONER

 

A.    Kepemimpinan Strategis

Kemajuan organisasi bukan merupakan nasib baik atau kemujuran , tetapi dicapai melalui proses yang membtuhkan energy besar dan ketahanan menghadapi hambatan. Tugas pemimpin adalah menciptakan sinergi yang solid melalui visi, misi, strategi dan arsiktur organisasi yang disiapkan sebagai sarana mencapai tujuan tertinggi. Pemimpin teratas wajib memahami lingkungan organisasi, yang mencakup seperti apa organisasi yang dipimpinya lima tahun sampai sepuluh tahun ke depan, dan menciptakan arah ke masa depan sehingga setiap orang akan mempercayainya.

B.     Visi Kepemimpinan

Visi dapat dianggap sebagai impian yang ingin diwujudkan, yang mencerminkan ambisi, daya tarik besar, hasrat,semangat dan keadaan atau perwujudan ideal di masa depan, Visi bukanlah impian kosong, tetapi mengandung ambisi besar dalam memandang masa depan. Visi mencerminkan wujud ideal organisasi yang diinginkan di masa depan, dimana saat ini belum terwujud dan tercapai.

C.    Misi Kepemimpinan

Misi tidak sama dengan visi, walaupun keduannya merupakan satu kesatuan yang utuh. Misi adalah tujuan pokok organisasi yang luas dan alasan mendasar bagi eksistensi organisasi. Misi menjelaskan nilai-nilai pokok perusahaan dan alasan-alasan dasar adanya perusahaan, yang kemudian menjadi dasarbagi terciptanya sebuah visi organisasi.

BACA : GAYA KEPEMIMPINAN

D.    Strategi

Misi yang kuat dan visi yang mengarahkan adalah penting,tetapi dua hal tersebut belum cukup untuk membuat organsasiyang kuat dan efektif. Untuk menciptakan organisasi yang kuat, membutuhkan cara untuk menerjemahkan visi, misi, nilai-nilai, dan tujuan menjadi tindakan konkret yang berupa suatu strategi. Untuk itu, menciptakan strategi yang handal dan mampu menghadapi kompetisi abad XXI menjadi pekerjaan yang besar bagi seorang pemimpin.

 Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

E.     Implementasi Strategi

Formulasi strategi menyatukan pengetahuan tentang lingkunga, visi dan misi dengan kompetensi pokok organisasi dengan cara menciptakan sinergi dan nilai-nilai tambah bagi konsumen. Ketika elemen-elemen di atas disatukan, organisasi mempunyai kesempatan yang optimal untuk mencapai kesuksesan. Untuk mencapai hal tersebut, pemimpin harus menyakinkan bahwa strategi tersebut berhasil diimplementasikan secara baik. Strategi implementasikan melalui mekanisme spesifi, teknik-teknik, atau alat-alat untuk mengarahkan sumber daya organisasi mencapai tujuan strateginya. Ini merupakan arsitektur dasar yang menentukan tujuan strategis bisa dicapai secara efektif.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama