MENJADI AYAH YANG BAIK


Menjadi ayah yang baik itu tidak mudah. Tugas menjadi ayah tidak pernah selesai, berapapun usia anak atau berapa jumlah anak yang Anda miliki. Meskipun begitu, tentu saja semua ayah di dunia ini ingin menjadi ayah yang baik bagi anaknya.


Seorang ayah yang baik harus selalu ada di samping anak, menjadi sosok yang disiplin dan patut dicontoh, dan bersimpati pada kebutuhan anak tanpa harus selalu menuruti apa maunya. Tidak hanya itu, Umma membagikan beberapa tips menjadi ayah yang baik yang bisa saja Anda terapkan di rumah.

1. Tanamkan Nilai Keagamaan
Sebagai seorang ayah, sangat penting untuk menanamkan nilai nilai agama terhadap anak dan istri agar mereka mempunyai ahlak yang baik sesuai dengan ajaran agama yang diyakini. Hal ini akan mendidik mereka menjadi orang yang bijaksana dalam hidupnya.

2. Terapkan Kedisiplinan
Mendidik anak agar bersikap disiplin merupakan bentuk kasih sayang terhadap mereka. Dengan menanamkan sikap disiplin seperti ini Anda mengajarkan anak memahami tanggung jawab dan manajemen hidup yang baik.

3. Meluangkan Waktu untuk Keluarga
Tunjukan pada anak-anak Anda bahwa mereka lebih penting dalam hidup Anda dari pada hobi atau pekerjaan. Sebagai seorang ayah, sudah pasti kita harus banyak berkorban dan beruang demi menafkahi anak dan istri. Namun, jika terlalu mementingkan pekerjaan dan hobi, hal ini hanya akan membuat hubungan Anda dengan anak-anak semakin renggang. Luangkanlah waktu untuk bercengkerama dengan mereka.

4. Jadilah Pendengar yang Baik
Jadilah pendengar yang baik untuk anak Anda. Dengarkanlah dengan penuh perhatian setiap kali dia bercerita tentang segala hal yang dia alami. Hal ini sangat efektif untuk membuat anak berkesimpulan bahwa Anda adalah sahabat terbaiknya disamping sebagai ayahnya juga.

5. Bersikap Baik Terhadap Istri
Salah satu hal terbaik yang dapat dilalukan oleh seorang ayah pada anak-anaknya adalah dengan memperlihatkan sikap yang baik terhadap ibu mereka, Kondisi keluarga yang harmonis akan membuat anak menjadi lebih nyaman berada di rumah.


Sumber : UMMA

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama