TIPS AGAR ISTIQOMAH MENJALANKAN SHOLAT TAHAJUD

Berbagi Ilmu dan Informasi (SABEGI), Berikut ini adalah kiat-kiat yang dapat membantu untuk istiqomah dalam beribadah Sholat Tahajjud.



1. Tidur jangan terlalu malam
Kita akan lebih bisa mudah bangun malam kalau kita tidur di bawah jam 9. Sebaliknya bila kita tidur jam 12 malam akan sulit buat kita untuk bangun Qiyamul lail. Semakin dini kita tidur semakin mudah kita bangun. Tidurlah maksimal jam 9, kita akan mudah untuk bangun.

2. Jangan menonton Televisi sebelum tidur
Menonton Televisi sebelum tidur membuat mata kita lelah dan otak bekerja tegang mencerna. Terlebih bila menonton film. Dengan tidak menonton TV kita akan lebih mudah untuk bangun malam. Untuk mengisi waktu malam kita bisa bercengkerama dengan keluarga atau membaca buku.

3. Niatkan untuk Bangun Malam dan Berdoa agar dimudahkan bisa bangun malam
Sebelum tidur berdoalah kepada Allah agar dimudahkan bangun malam dan diberi kekuatan untuk wudhu. sebab bisa jadi kita bangun karena kalah oleh ngantuk atau rasa malas karena dingin akhirnya tidur lagi. sering kan? nah sebelum tidur mintalah sama Allah agar diberi kekuatan untuk segera wudhu.

4. Tidurlah Sesuai Sunnah Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam
Tidur sesuai sunnah Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam yaitu tidur miring ke kanan menghadap kiblat. posisi lambung kanan berada di bawah. Tidur dengan posisi tersebut akan membuat kita mudah bangun malam.
Begitu pun apabila kita terbangun di malam hari karena badan terasa berat untuk diangkat karena posisi kita terlentang, cobalah langsung ubah posisi kita seperti sunnah rasul, langsung miring ke kanan menghadap kiblat. tapi jangan sampai tertidur hanya beberapa saat sekira2 hitungan sampai ke 10 atau 15, kemudian bangunlah duduk. Rasakan bahwa tubuh kita lebih enteng untuk kita ajak duduk saat posisi kita sesuai posisi tidur rasul , dibanding kita terlentang. Tidur terlentang membuat kita berat untuk kita bangun.

5. Begitu bangun nyalakan Lampu agar terang
Untuk mengantisipasi tidur lagi saat bangun, nyalakanlah lampu. sehingga akan membantu mata kita untuk melek. ada tips lain yaitu buka handphone, ini ampuh sebab mata akan melihat cahaya handphone sehingga akan melek, apalagi kalau media sosial lihat postingan teman2 ngantuk kita akan hilang, akan lebih membantu kalau teman2 kita orang shalih atau kita ikut group2 agama yang aktif selalu mengingatkan kita ibadah pada Allah. Begitu kita baca kita akan punya semangat untuk segera wudhu dan shalat.

Sumber : kompasiana.com

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama