JANGAN BANGUN KESIANGAN NANTI REZEKINYA DIPATOK AYAM

Beilmin - "Jangan bangun kesiangan, nanti rezekinya dipatok ayam" Ini Mitos atau Fakta? 
Canva

Sebuah kalimat yang bermaksud untuk memotivasi seseorang agar bangun pagi-pagi untuk kemudian melakukan berbagai aktifitas, khususnya menjemput rezeki yang takarannya sudah ditentukan oleh Allah.

Padahal Rezeki ada 3: Rezeki yang Dijamin (Makan 3 kali sehari), Rezeki yang Ditakar (Pekerja kantoran), dan Rezeki yang Digantung (Wirausaha).

Tapi kenapa ayam yang dijadikan saingan manusia, bukankah masih banyak binatang lain di muka bumi ini? Lantas, Apa benar ayam bisa mengambil rezeki manusia?

Ayam dijadikan saingan manusia dalam menjemput rezeki mungkin karena binatang yang satu ini membuka matanya lebih awal dari manusia. Ketika manusia masih memejamkan matanya dengan balutan selimut hangat di atas kasur yang empuk, ayam jago sudah berkokok sebelum subuh jam 3 pagi sebagai pertanda lahirnya hari baru. Ayam betina pun mengajak anak-anaknya untuk mengais makanan.

Ayam tidaklah mungkin mengambil alih rezeki manusia. Ayam dan manusia punya jatah rezeki masing-masing. Yang mungkin terjadi adalah rezeki manusia yang telat bangun, akan diambil orang orang yang bangun dan beraktifitas lebih dahulu. Kemungkinan lain adalah manusia yang telat bangun, rezekinya akan berkurang, walaupun tak diambil oleh orang lain.

Rasulullah SAW bersabda: “Bangunlah pagi hari untuk mencari rezeki dan kebutuhan-kebutuhanmu. Sesungguhnya pada pagi hari terdapat barokah dan keberuntungan.” (HR. Ath-Thabrani dan Al Bazzar)

Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam ingin melihat umatnya menjadi kumpulan manusia yang gemar beraktifitas di awal waktu. Dan hanya mereka yang sungguh-sungguh mengharapkan keberhasilan dan keberkahan-lah yang bakal sanggup berpagi-pagi dalam kesibukan beraktifitas. Oleh karenanya, saudaraku, janganlah kita kecewakan Nabi kita. Janganlah kita jadikan doa beliau tidak terwujud. Marilah kita menjadi ummat yang pandai bersyukur dengan adanya waktu pagi. Marilah kita me-manage jadwal kehidupan kita sehingga di waktu pagi kita senantiasa dilimpahkan berkah karena kita didapati Allah dalam keadaan ber’amal

Sumber : https://umma.id/s/3ABJri

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama