MAKALAH UPAYA MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN SEKOLAH OLEH SISWA


MAKALAH
UPAYA MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN SEKOLAH
OLEH SISWA SMP NEGERI 3 PELEPAT ILIR








DISUSUN OLEH : DEWI MARYANI
KELAS : IX.4


DINAS PENDIDIKAN NASIONAL KABUPATEN BUNGO
SMP NEGERI 3 PELEPAT ILIR
TAHUN PELAJARAN 2015/2016


KATA PENGANTAR

   Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa, yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, sehingga Penulis dapat menyelesaikan karya tulis ilmiah sederhana dengan judul “Upaya Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah Oleh Siswa SMP Negeri 3 Pelepat Ilir”
   Terima kasih Penulis sampaikan kepada yang terhormat guru Bahasa Indonesia kami Ibu Yurneni S.Pd dan guru TIK kami Bapak Viki Azhar S.Pd yang telah membimbing, sehingga karya tulis ilmiah ini dapat terselesaikan.
   Penulis menyadari bahwa penyusunan karya tulis ilmiah ini jauh dari kata sempurna. Untuk itu, Penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun, guna sempurnanya karya tulis ilmiah ini.
   Semoga dengan karya tulis ilmiah ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan menyadarkan siswa-siswi SMP Negeri 3 Pelepat Ilir untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan sekolah.


                                                                                                                         Penulis

                                                                                                                     Dewi Maryani














DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL....................................................................................... i
KATA PENGANTAR.................................................................................... ii
DAFTAR ISI.................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN
Latar Belakng Masalah..................................................................................... 1
Tujuan Penulisan.............................................................................................. 1
Rumusan Masalah............................................................................................. 2

BAB II PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Kebersihan Lingkungan dan Seulas Tentang Siswa.................. 3
2.2 Manfaat Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah................................... 5
2.3 Dampak Negatif Jika Tidak Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah.... 6
2.4 Upaya yang Dapat Dilakukan Untuk Menjaga Kebersihan Sekolah.......... 7
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan................................................................................................. 10
3.2 Saran........................................................................................................... 10
DAFTAR PUSTAKA





BAB I
PENDAHULUAN

1.1              Latar Belakang Masalah

   Kebersihan lingkungan sangat perlu dijaga, baik di lingkungan pribadi maupun di lingkungan umum. Contoh lingkungan umum adalah lingkungan sekolah. Seperti di lingkungan sekolah SMP Negeri 3 Pelepat Ilir. Lingkungan sekolah yang bersih akan membuat nyaman para siswa, bahkan para guru pun ikut merasa nyaman dalam proses mengajar.
   Sebagian siswa di SMP Negeri 3 Pelepat Ilir masih belum sadar sehingga mereka bersikap cuek dan apatis dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Untuk itu, Penulis menyusun makalah ini dengan judul “Upaya Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah SMP Negeri 3 Pelepat Ilir.” Semoga dengan membaca makalah ini dapat menumbuhkan kesadaran para siswa SMP Negeri 3 Pelepat Ilir terhadap kebersihan lingkungan sekolah demi kenyamanan bersama.

1.2    Tujuan Penulisan
1.2.1      Merupakan upaya untuk memenuhi tugas Bahasa                                                               Indonesia.
1.2.2      Agar dapat menumbuhkan kesadaran para siswa SMP Negeri 3 Pelepat Ilir untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

1.3    Rumusan Permasalahan
1.3.1      Pengertian kebersihan lingkungan dan seulas tentang siswa.
1.3.2      Manfaat menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
1.3.3      Dampak negatif jika tidak menjaga kebersihan lingkungan sekolah
1.3.4      Upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah





BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian
A. Pengertian Kebersihan Lingkungan
    Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti dari sebuah kebersihan yaitu “suatu keadaan yang dianggap bebas atau tidak memiliki kotoran dan noda, sedangkan lingkungan yaitu daerah atau kawasan yang ditempati.” Jadi, dapat disimpulkan bahwa kebersihan lingkungan adalah keadaan suatu tempat yang tidak memiliki noda sehingga dapat ditempati dengan nyaman.
    Kebersihan akan lebih menjamin kesehatan seseorang. Kebersihan tidak sama dengan kemewahan. Kebersihan adalah usaha manusia agar lingkungan tetap sehat dan terawat. Berikut merupakan cara menjaga kebersihan lingkungan sekolah dengan sederhana.
1.      membuang sampah pada tempatnya.
2.      selalu membersihkan toilet sekolah.
3.      tidak mencoret-coret tembok sekolah dan perlengkapan sekolah, seperti meja dan kursi.
4.      membersihkan taman.
5.      menyapu dedaunan yang jatuh.
6.      memotong rumput di lapangan sekolah yang mulai panjang.

B.  Sekilas pengertian siswa
Pengertian siswa menurut Mustiawati  dalam bukunya yang berjudul “Mengejar Kelas Multikultural” yang berbunyi
Siswa adalah pribadi dengan potensi kebingungan, pengabaian atas aturan yang disepakati, jemu atas jalan keluar yang tak kunjung ada dan mengharap terlalu tinggi akan kepuasan diri. Pada titik ini, siswa harus mendapatkan perhatian serius, khususnya yang berhubungan dengan perkembangan psikisnya.

   Siswa merupakan pelajar yang menuntut ilmu di sekolah. Seorang siswa adalah peserta didik yang mmemiliki potensi dasar, yang penting dikembangkan melalui proses belajar mengajar, baik dilakukan secara fisik maupun mental, dan baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan keluarga serta lingkungan masyarakat dimana anak tersebut tinggal. Pada dasarnya siswa sebagai peserta didik dituntut untuk  lebih memahami mengenai kewajiban, etika serta pelaksanaanya. Siswa juga disebut sebagai murid yang artinya adalah orang-orang yang membutuhkan pendidikan (orang-orang yang sedang mencari ilmu). Peserta didik atau siswa adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan diri mereka melalui proses pendidikan pada jalur dan jenjang serta jenis pendidikan tertentu.
   Pengertian peserta didik atau siswa adalah orang yang belum mencapai dewasa, membutuhkan usaha, bantuan bimbingan dari orang lain yang telah dewasa guna melaksanakan tugas sebagai salah satu umat manusia, warga negara yang baik dan sebagai salah satu masyarakat serta sebagai suatu pribadi atau individu.

2.2  Manfaat menjaga kebersiha lingkungan sekolah
   Banyak manfaat yang ditimbulkan jika suatu lingkungan selalu terjaga kebersihannya. Berikut manfaat menjaga kebersihan lingkungan sekolah :
1.      Terjaminnya kesehatan dan terhindar dari segala penyakit.
2.      Terciptanya rasa nyaman dan tentram dalam lingkungan sekolah.
3.      Indah bila dipandang mata.
4.      Tumbuh rasa semangat dalam diri untuk melakukan suatu hal yang positif.
5.      Terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh lingkungan yang kotor.
6.      Lingkungan menjadi lebih sejuk.
7.      Lebih tenang dalam belajar.
Lingkungan sekolah akan terasa nyaman jika para siswa sadar dan bertanggung jawab akan kebersihan lingkungan sekolah. Karena hal itu sangat penting. Dalam agama islam pun kita diajarkan untuk selalu hidup bersih. Karena kebersihan merupakan sebagian dari iman. Hal ini dipertegas dengan hadis yang diriwayatkan oleh Muslim yang artinya
Kebersihan adalah sebagian dari iman dan bacaan hamdalah dapat memenuhi timbangan, dan bacaan subhanallah dan hamdallah memenuhi kolong langit dan bumi, dan salat adalah cahaya dan sedekah adalah pelita, dan sabar adalah sinar, dan Al-Qur’an adalah pedoman bagimu.

Kebersihan dapat mengantarkan kita ke surga jika kita selalu menjaga kebersihan. Nabi Muhammad SAW pun menganjurkan umat islam untuk menjaga  kebersihan. Hal ini dipertegas dengan hadis yang diriwayatkan oleh Baihaqi dalam buku PR Agama Islam yang artinya “Islam itu bersih maka jagalah kebersihan (dirimu), sesungguhnya tidak masuk surga, kecuali yang bersih.”
2.3 Dampak negatif jika tidak menjaga kebersihan lingkungan sekolah
   Masih banyak siswa SMP Negeri 3 Pelepat Ilir yang membuang sampah di laci meja dan selokan. Padahal di setiap kelas sudah disediakan tempat sampah. Banyak dampak negatif yang ditimbulkan jika suatu lingkungan tidak terjaga kebersihannya. Diantaranya :
1.      Menimbulkan bencana banjir. Hal ini dapat terjadi di sekolah jika siswa selalu membuang sampah sembarangan. Sampah yang tertumpuk di selokan akan menyumbat jalannya air di selokan tersebut. Sehingga saat hujan tiba, mungkin saja sekolah akan kebanjiran dan proses belajar mengajar terhenti.
2.      Menjadi sarang nyamuk. Laci meja yang penuh dengan sampah dapat dijadikan tempat bersarang oleh nyamuk. Apalagi jika nyamuk tersebut adalah nyamuk Aedes Aegypti yang dapat menyebabkan penyakit demam berdarah.
3.      Menimbulkan bau yang tidak sedap. Sampah yang bertumpuk, dapat menimbulkan bau yang tidak sedap. Sehingga dapat mengganggu konsentrasi para siswa dan guru dalam proses belajar-mengajar.
4.      Mudah terserang berbagai macam penyakit. Hal ini dapat terjadi karena banyak terdapat kuman-kuman penyakit dalam sampah.
5.      Terciptanya suatu ketidaknyamanan dalam melaksanakan berbagai aktivitas di sekolah. Jika banyak sampah di lingkungdn sekolah, kita akan merasa risih saat melihatnya, dan merasa sangat tidak nyaman jika berlama-lama di sekolah.
2.4 Upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersiahn lingkungan sekolah
A. Siswa
   Demi tercapainya lingkungan sekolah yang bersih dan nyaman untuk belajar siswa. Perlu dilakukan tindakan yang bersifat mangajak kesadaran siswa untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Tindakan-tindakan tersebut antara lain :
1.      Para siswa diharapkan mempunyai kesadaran dari hati nuraninya untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
2.      Siswa yang piket harus membersihkan kelas dengan bersih, baik dibagian dalam kelas maupun dibagian luar kelas.
3.      Membersihakn selokan yang tersumbat oleh sampah.
4.      Setelah buang air, toilet harus disiram hingga bersih.
5.      Tidak membuang sampah sembarangan.
6.      Menegur teman yang membuang sampah sembarangan.
7.      Membersihakan laci meja yang kotor, agar tidak menjadi sarang nyamuk.
8.      Melaksanakan tata tertib kebersiha dan kelestarian lingkungan sekolah.
9.      Rajin menyirami bunga setiap hari.
B. Warga Sekolah (Guru)
   Di lingkungan sekolah, guru merupakan panutan semua siswa. Jika guru berbuat baik, maka siswa juga akan berbuat baik. Jika guru berbuat jelek, maka mungkin bisa jadi siswa berbuat jelek juga. Dalam upaya        menyadarkan siswa akan pentingnya kebersihan lingkungan sekolah, para guru harus memberikan contoh yang baik, seperti dengan membuang sampah pada tempatnya. Guru dapat menegur siswa yang membuang sampah sembarangan. Selain itu, guru juga dapat memberi denda atau sanksi kepada pelaku, sehingga pelaku jera untuk mengulangi perbuatannya. Kesadaran siswa dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan sekolah berasal dari hati nuraninya masing-masing.
   Peran guru dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan sekolah sangat diperlukan. Guru dapat mengambil tindakan-tindakan berupa :
1.      Membuat tata tertib kebersihan.
2.      Memberi contoh dengan membuang sampah pada tempatnya.
3.      Memberi nasehat kepada siswa yang membuang sampah sembarangan.
4.      Memberikan penghargaan kepada petugas piket yang rajin dan bersih dalam membersihkan kelasnya.
5.      Membiasakan diri cuci tangan sehingga siswa juga meniru.
6.      Mengadakan lomba kebersihan kelas.
7.      Mengadakan lomba kekompakan petugas piket kelas.
8.      Piket umum setiap hari senin sampai sabtu.
9.      Kerja bakti atau gotong royong setiap sabtu pagi.

C. Pemerintah
   Pemerintah memiliki peranan penting dalam upaya manjaga kebersihan lingkungan sekolah. Pemerintah berusaha membantu sekolah-sekolah untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Upaya yang dapat dilakukan oleh pemerintsh dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah yaitu dengan mencanangkan program Adiwiyata sekolah. Latar belakang pemerintah mengadakan lomba adiwiyata merupakan salah satu upaya untuk mengubah kondisi lingkungan sekolah yang kotor dan sangat memprihatinkan menjadi sekolah yang bersih, rapi dan indah. Dengan kondisi lingkungan sekolah yang bersih, diharapakan para siswa dapat lebih berkonsentrasi dalam belajar dan siswa dapat meraih prestasi dengan baik.























BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
   Kesimpulan yang dapat diambil dari pembahasan karya tulis ilmiah ini adalah kebersihan lingkungan sekolah harus dijaga bersama-sama agar terwujud suasana yang aman dan nyaman dalam proses belajar-mengajar. Siswa SMP Negeri 3 Pelepat Ilir harus memiliki kesadaran dalam diri untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Dengan terpeliharanya dan terjaganya kebersihan lingkungan, maka akan tercipta rasa nyaman dan tentram. Dalam upaya menjaga kebersihan  lingkungan sekolah, guru memiliki peran yang sangat penting. Oleh karenanya guru harus dapat menjadi teladan yang baik bagi siswanya.
   Pemerintah juga berperan dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Dengan adanya program Adiwiyata yang dicanangkan oleh pemerintah, banyak sekolah-sekolah di Indonesia yang berlomba-lomba untuk menjadi sekolah yang paling bersih.

3.2 Saran
   Saran penulis dalam pembahasan karya tulis ilmiah ini adalah warga sekolah harus selalu membuang sampah pada tempatnya, rajin membersihkan laci meja dan selokan, menjaga peralatan yang digunakan agar selalu bersih, mematuhi tata tertib sekolah, rajin bergotog-royong, melakukan piket kelas dengan bersih.












DAFTAR PUSTAKA

Al-Aziiz, Arif Nur Rahman. Dkk. 2015. “Buku PR Pendidikan Agama Islam.” Klaten : Intan Pariwara.
Mustiawati. 2010. “Mengajar Kelas Multikultural.” Jakarta Timur : CV. Sahala Adidayatama.
Wicaksono, Andre. 2010. “Kamus Besar Bahasa Indonesia.” Jakarta : Pustaka Ilmu.

















Post a Comment

Lebih baru Lebih lama