JANGAN LUPA PUASA RAJAB, INI NIAT DAN KEUTAMAAN NYA.

Beilmin - Selain Ramadan, Bulan Rajab juga merupakan bulan yang mulia. Rajab sendiri merupakan bulan ke tujuh dalam tahun hijriah. Saat memasuki bulan ini, umat Islam disunahkan untuk berpuasa.

Dikutip dari piss-ktb.com, Rajab juga merupakan salah satu bulan haram atau muharram yang artinya bulan yang dimuliakan. Dalam tradisi Islam dikenal ada empat bulan haram, yakni Zulkaidah, Zulhijah, Muharram, dan Rajab.

Ilustrasi puasa. (Foto: Shutterstock)

Allah SWT berfirman dalam surat at Taubah ayat 36 yang berbunyi:

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ

“Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa.” (QS. At Taubah:36).

Salah satu pendakwah, Ustaz Eka Rahmat Hidayat mengatakan disunahkan puasa saat memasuki Bulan Rajab. Pada tahun ini, 1 Rajab jatuh pada tanggal 25 Februari 2020. Maka pada esok hari umat Islam disunahkan untuk puasa Rajab.

"Hukumnya sunah dan Bulan Rajab para ulama membiasakan banyak berpuasa dan meminta ampun," kata Ustaz Eka, saat dihubungi umma, Senin (24/2/2020).

Berikut bacaan doa niat puasa Bulan Rajab:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ فِى شَهْرِ رَجَبِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Latin Arab: Nawaitu sauma ghadin fi syahri rojabi sunatan lillahi ta'alaa

Artinya: "Saya niat berpuasa sunah di Bulan Rajab esok hari karena Allah Taala."

Dikutip dari Tebu Ireng Online, ada beberapa keutamaan puasa Bulan Rajab yang akan didapat bagi yang menjalankannya. Di antaranya yakni berpuasa di awal Bulan Rajab sama dengan menghapus dosa tiga tahun.

Kemudian berpuasa di tanggal 2 Bulan Rajab sama dengan menghapus dosa dua tahun. Serta berpuasa di tanggal 3 Bulan Rajab sama dengan menghapus dosa satu tahun.

Wallahu A'lam

Sumber : https://umma.id/s/6rU7n2

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama