MARI BERBENAH PADA MOMEN ISRA MI'RAJ

Beilmin - Isra Miraj adalah peristiwa besar yang memberi banyak pelajaran dalam sejarah islam. Peristiwa ini sangat istimewa sekaligus memiliki arti penting bagi umat Islam. Karena dalam Isra Miraj Rasul saw. dijemput secara ekslusif oleh Allah Swt. untuk menerima perintah salat, yakni ibadah utama yang akan menjadi tolak ukur amal kita di hadapan Allah Swt. Hal ini seperti digambarkan oleh Rasulullah saw. dalam sabdanya,

“Awwaluma yuhasabu fi’il ‘abdu yaumal qiyamah asholaah, Idza soluhat, Soluhat saairu amalihim, Wa idza fasada, fasadat saairu amalihim.”

Yang artinya, “Yang pertama kali dihisab dari seorang hamba Allah pada hari kiamat adalah salatnya. Apabila baik, maka baiklah seluruh amal perbuatannya, dan apabila rusak shalatnya maka rusak pula seluruh amal perbuatannya.”

Apakah Isra Miraj adalah Perayaan Belaka?

Peringatan Isra Miraj adalah Momen Untuk Berbenah

Sahabat pembaca, 27 rajab terus berulang setiap tahun. Demikian juga dengan peringatan Isra Miraj yang jatuh pada tanggal tersebut, terus diperingati setiap tahun oleh umat Islam, baik melalui pengajian akbar, pengajian biasa, maupun lomba-lomba. Pertanyaannya adalah adakah nilai positif yang bisa kita ambil dari peringatan hari besar Islam ini? Ataukah hanya sekadar simbol perayaan sebagai bukti bahwa kita mengimani Allah dan Rasulnya?

Sejatinya, peristiwa istimewa ini menjadi momentum bagi kita untuk bermuhasabah. Berhenti sejenak untuk melihat ke dalam diri sendiri. Sudah adakah perubahan positif dalam diri kita dari tahun ke tahun? Lebih khusus lagi, momen Isra Miraj adalah kesempatan bagi kita untuk berbenah. Memperbaiki kualitas diri dan kualitas hidup kita secara keseluruhan. Tentunya diawali dengan memperbaiki kualitas salat kita yang menjadi cermin kualitas hubungan kita dengan Allah Swt.

Yakinlah, ketika kita bersungguh-sungguh memperbaiki hubungan baik dengan Sang Khalik, maka Dia Yang Maha Pengasih juga akan membantu kita untuk memperbaiki hidup kita. Jalan-jalan menuju kehidupan yang lebih baik di dunia dan akhirat akan di bentangkan di hadapan kita.

Lebih Dari Itu, Isra Miraj adalah Semangat Perubahan

Sahabat pembaca, mari kita sambut 27 Rajab dengan semangat perubahan. Semangat untuk terus membenahi diri, membenahi hati, dan membenahi kualitas salat kita. Sebab, Isra Miraj adalah momen tepat untuk berbenah.

Sumber : https://umma.id/s/vi6fUz

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama