HINDARI 5 HAL INI, AGAR KEKEBALAN TUBUHMU MEMBAIK

BEILMIN - Banyaknya bakteri hingga virus di sekitar lingkungan kita bisa menyebabkan munculnya penyakit pada tubuh manusia. Terlebih saat ini dunia tengah digemparkan sebaran virus corona.
Untuk menangkal itu semua kita harus memiliki sistem imun atau kekebalan tubuh yang kuat agar bisa melawan virus atau bakteri. Namun ada kalanya imun tubuh lemah hingga tubuh mudah terserang berbagai penyakit.
Dilansir dari halodoc.com, ada beberapa penyebab imunitas tubuh melemah hingga virus atau bakteri mudah menempel pada tubuh. Apa sajakah itu?
1. Kurang olahraga
Salah satu penyebab imun lemah adalah kurangnya aktivitas fisik seperti olahraga. Menurut sebuah penelitian juga disebutkan bahwa olahraga teratur dapat membantu fungsi neutrofil.
Yaitu jenis sel darah putih yang membunuh mikro organisme penyebab penyakit yang dapat membahayakan kesehatan.
2. Kurang mengonsumsi makanan bergizi
Nah, inilah sebabnya mengapa tubuh perlu mengonsumsi makanan bergizi setiap hari. Sebab jika nutrisi tidak terpenuhi akan melemahkan kekebalan tubuh.
Selain itu, Sahabat umma juga wajib menghindari beberapa jenis makanan seperti yang mengandung lemak atau berminyak karena lemak jenuh yang terdapat di dalamnya dapat membuat sistem imun menjadi lemah.
3. Stres
Stres bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti masalah pekerjaan di kantor, masalah di rumah, dan lain sebagainya. Gejala stres antara lain sakit kepala, rasa sakit di dada, rasa gelisah, dan perasaan tegang.
Semua gejala tersebut apabila terjadi bersamaan akan menyebabkan sistem kekebalan tubuh harus bekerja lebih keras untuk mempertahankan tubuh dari ancaman kesehatan. Akibatnya sistem imun lemah dan kamu jadi mudah terserang penyakit.
4. Dehidrasi
Sahabat umma pasti mengetahui bahwa tubuh manusia sebagian besar terdiri dari komponen air. Maka, setiap jaringan dan organ di dalam tubuh akan bergantung padanya.
Air akan membantu membawa nutrisi dan mineral ke sel, dan menjaga mulut, hidung, dan tenggorokan tetap lembab, juga untuk menghindari penyakit. Tubuh akan mengalami kehilangan cairan melalui buang air kecil, buang air besar, bernapas, dan berkeringat. Oleh sebab itu pastikan agar konsumsi air cukup sehingga dapat menghindari imun yang lemah.
5. Kurang tidur
Kurang tidur adalah salah satu hal yang dapat mengganggu kesehatan. Sebab, sebetulnya saat tubuh sedang tidur, sel-sel dalam darah akan bekerja melawan penyakit.
Oleh karena itu, pastikan waktu tidur kamu cukup sehingga sel dalam tubuh akan mampu bekerja efektif melawan penyakit.
Mulai sekarang, yuk kita lakukan pola hidup sehat Sahabat umma. Karena dengan melakukan pola hidup yang baik dan menghindari hal di atas, bisa membuat kekebalan tubuh kuat dan insha allah terhindar dari penyakit.
Sumber : https://umma.id/s/26FJJ3

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama