SABUN DETTOL BISA CEGAH CORONA?INI FAKTANYA!

Beilmin - Baru-baru ini warganet diramaikan dengan unggahan Whiya Dolidi L di media sosial Facebook. Unggahan tersebut berisi tentang sabun antiseptik dettol yang bisa melawan virus corona.
Unggahan pada Selasa (17/3/2020) ini telah dibagikan sebanyak 113 kali oleh warganet. Akun ini mengunggah gambar bagian belakang dari kemasan sabun antiseptik Dettol. Dalam botol tersebut terdapat tulisan coronavirus yang dilingkari warna merah.
Foto yang viral di media sosial. (Foto: WhatsApp)
Adapun keterangan dalam foto yang diunggah sebagai berikut:
"Tertulis jelas disitu coronavirus."
Sementara dalam gambar kemasan sabun itu, ada tulisan:
"Kita semua telah menggunakan Dettol selama bertahun-tahun, tetapi belum membaca sampai saat ini yang jeas tertuis dalam deskripsi bahwa Dettol mampu melawan virus korona. Zoom dengan cermat dan baca serta beri tahu semua orang."
Lantas apakah benar sabun antiseptik dettol bisa menangkal virus corona? Apalagi untuk menghalau corona harus rajin cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir.
Dilansir dari pulse.com ada artikel dengan judul "Fact-check: Dettol has not been tested on the COVID-19," pada (17/3/2020).
Berikut terjemahan bahasa Indonesia dari artikel yang di dapat:
Reckitt Benckiser Group plc (RB), produsen Dettol lewat akun Facebook resminya pada 31 Januari 2020 menyatakan bahwa produk tersebut belum diuji pada virus corona. Oleh karena itu, belum dapat memastikan apakah Dettol efektif terhadap virus.
"RB telah menyadari spekulasi tentang produk Dettol dan novel 2019-nCoV coronavirus. Karena ini adalah wabah yang muncul, RB, seperti semua produsen, belum memiliki akses ke virus baru (2019-nCoV) untuk pengujian. Dan sebagai hasilnya, belum ada konfirmasi mengenai tingkat efektivitas (Dettol) terhadap yang baru," tulis Reckitt Benckiser Group plc.
Maka dari itu, informasi mengenai sabun dettol yang bisa mencegah virus corona belum terbukti faktanya. Bagi sahabat, hati-hati ya dalam mendapatkan informasi dari media sosial.
Sumber : https://umma.id/s/7nuuYv

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama