SUKA MAKAN PEDAS? INI MANFAAT NYA

Beilmin - Banyak orang yang tidak bisa lepas dari makanan pedas. Bahkan ada yang merasa tidak dapat makan tanpa cabai di dalamnya.

Memang ada yang beranggapan jika mengonsumsi makanan pedas, tidak baik bagi kesehatan. Namun hal itu terjadi jika terlalu banyak mengonsumsinya.

Ilustrasi (foto: steemitimages.com)

Apabila sahabat umma mengkonsumsi pedas sewajarnya, itu tidak apa-apa. Seperti dilansir dari halodoc.com, ternyata ada beberapa manfaat dari konsumsi makanan pedas. Apa sajakah itu?

1.Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Salah satu manfaat dari konsumsi makanan pedas adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari penyakit yang menyerang. Manfaat ini didapatkan melalui konsumsi cabai dan paprika yang terkenal kandungan vitamin C dan A-nya yang sangat tinggi.

Kedua jenis vitamin tersebut merupakan zat antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit. Dengan demikian, seseorang yang gemar mengonsumsi cabai tidak mudah terserang penyakit.

2. Menurunkan berat badan
Rasa pedas dan terbakar di lidah saat mengonsumsi cabai disebabkan karena adanya kandungan senyawa capsaicin pada cabai. Ternyata, kandungan tersebut dapat meningkatkan temperatur tubuh dan mempercepat kerja metabolisme, sehingga kalori dalam tubuhmu dapat lebih cepat terbakar.

3. Mencegah kanker
Kandungan capsaicin pada cabai juga berkhasiat untuk menghambat atau bahkan mematikan pertumbuhan sel-sel kanker tanpa merusak sel-sel sehat di sekitarnya. Manfaat ini bisa didapatkan jika mengonsumsi cabai dengan rutin.

Ilustrasi (foto: akamaized.net)

4. Menyehatkan jantung
Tahukah kamu, makanan pedas dapat memberi manfaat terhadap kesehatan jantung? Pasalnya, cabai dapat mencegah terjadinya pembekuan darah. Kandungan capsaicin terbukti efektif melawan inflamasi yang merupakan penyebab dari penyakit jantung.

Itulah beberapa manfaat dari mengonsumsi makanan pedas. Namun, kandungan tersebut akan diperoleh jika kamu mengonsumsi cabai atau paprika asli, bukan olahan yang sudah dikemas karena bisa mengandung bahan pengawet.

Perhatikan juga level pedas yang dikonsumsi. Karena terlalu banyak mengonsumsi pedas bisa menimbulkan maag, asam lambung naik, serta iritasi pada usus.

Sumber : https://umma.id/s/bmaqAv

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama