TENANG HADAPI VIRUS CORONA, INI KUNCINYA!

Beilmin - Sampai dengan Minggu (15/3/2020), pemerintah Indonesia mencatat sebanyak 117 orang di tanah air terjangkit virus corona atau Corona Virus Disease (COVID-19). Masyarakat sempat panik akibat kasus penularan yang cukup melonjak.

Namun menurut Pendakwah asal Jawa Barat, Ustaz Encep Abdul Rojak, masyarakat sudah semestinya tenang menghadapi wabah virus ini. Karena bagi umat Islam, terdapat cara yang amat ampuh untuk menciptakan ketenangan jiwa.

"Yang pertama dan utama, bagi orang Islam, kapan pun dan di mana pun, tidak terbatas saat corona melanda, obat terbaik untuk ketenangan jiwa dan raga adalah dengan mengingat Allah SWT," katanya saat berbincang dengan umma melalui pesan singkat, Senin (16/3/2020).

Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Ustaz Encep menjelaskan, Allah SWT menjanjikan sebuah ketangan hati untuk umat-Nya yang senantiasa bermunajat kepadanya. Sebagaimana firman Allah dalam Surah Al Ra'd ayat 28 yang berbunyi:

ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُم بِذِكْرِ ٱللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ ٱللَّهِ تَطْمَئِنُّ ٱلْقُلُوبُ

Artinya: "(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram."

Menurut Ustaz Encep, mengingat Allah juga bisa membuat kita melakukan keputusan yang tepat karena bebas dari rasa gegabah. Sebaliknya, bila kita melupakan-Nya maka jiwa dan hati sulit mendapat ketenagan.

"Karena dengan mengingat Allah hati akan tenang, jiwa akan nyaman, dan tindakan pun akan terukur. Tapi kalau jiwa sudah tidak nyaman, yang asalnya sehat bisa menjadi sakit akibat terlalu over dalam menyikapi keadaan sekarang ini," imbuhnya.

Salah satu cara mengingat Allah, kata Ustaz Encep, adalah melakukan zikir. Bisa dilakukan setelah selesai salat atau kapanpun dan dalam kondisi apapun. Terlebih ketika ancaman virus datang seperti kondisi sekarang ini.

"Secara bahasa zikir berarti mengingat, dalam makna ibadah, zikir senantiasa mengingat Allah SWT kapanpun dan di mana pun berada," katanya.

Ustaz Encep juga menyarankan kita untuk melakukan beberapa amalan ibadah agar hati senantiasa tenang. Di antaranya adalah salat, membaca Al-Qur'an, belajar dan menimba ilmu, mengingat rezeki (bersyukur), mengamati alam sekitar, serta membantu orang yang kurang mampu.

Sumber : https://umma.id/s/yMJ3Az

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama