7 Tanaman Hias Cantik yang Ampuh Usir Nyamuk di Rumah

Beilmin - Pasti sangat menyebalkan saat di rumah banyak nyamuk. Meski telah menggunakan berbagai produk untuk pengusir nyamuk, tetap saja serangga kecil itu kerap kembali.
Selain mengganggu, gigitan nyamuk juga bisa menyebabkan berbagai penyakit, seperti demam berdarah, malaria, dan lainnya. Untuk itu kita harus tetap waspada, khususnya saat musim pancaroba.
Selain menggunakan produk pengusir nyamuk, ternyata ada juga tanaman yang tidak disukai nyamuk. Tak hanya mengusir nyamuk, tanaman ini juga bisa untuk mempercantik ruangan. Berikut tanaman hias yang ampuh usir nyamuk:
1. Selasih
Mungkin kamu familiar dengan nama selasih? Tanaman ini ternyata sangat tidak disukai oleh nyamuk dan serangga lho! Hal ini karena selasih mengandung senyawa seperti linalool, eugenol, dan geraniol.
Biasanya, tamanam pengusir nyamuk ini tumbuh secara liar di pekarangan rumah. Kamu dapat mengambilnya dan menanamnya dalam sebuah pot untuk diletakkan di rumah.
2. Citrosa atau Mosquito Plant
Tanaman citrosa banyak dikenal sebagai tumbuhan yang sangat ampuh untuk mengusir nyamuk. Inilah kenapa citrosa saat ini juga disebut dengan nama mosquito plant. Seperti yang kamu bisa tebak dari namanya, tanaman pengusir nyamuk ini memiliki bau citrus kuat yang tidak disukai nyamuk.
Untuk merawat dan menjaga tanaman ini sangat mudah kok. Kamu hanya perlu menyimpan tanaman anti nyamuk ini di dalam sebuah pot dan meletakkannya di tempat yang terkena sinar Matahari dengan cukup.
3. Rosemary
Pernahkah kamu disuruh ibumu untuk menggunakan minyak kayu putih agar tidak digigit nyamuk ketika main di luar ketika masih kecil? Ternyata, nyamuk tidak suka bau minyak kayu putih.
Maka dari itu, tanaman anti nyamuk berikut ini juga mempan! Rosemary memiliki bau yang mirip dengan minyak kayu putih, sehingga nyamuk juga tidak suka dan menghindari kamu.
4. Geranium
Sama seperti tanaman anti nyamuk pertama tadi, geranium juga mengandung senyawa geraniol. Selain itu, tanaman pengusir nyamuk ini juga mengandung sitronelol. Kombinasi tersebut membuatnya sangat tidak disukai nyamuk.
Letakkan tanaman ini di sudut-sudut ruangan, agar nyamuk tidak nyaman untuk tinggal.
5. Lavender
Beberapa dari kamu mungkin tidak tahu kalau lavender juga merupakan tanaman pengusir nyamuk kan? Sama halnya dengan bahan untuk lotion dan pelembab, lavender sering digunakan sebagai bahan utama dalam krim anti nyamuk. Karena nyamuk tidak suka dengan baunya.
6. Zodia
Nah, kalau tanaman pengusir nyamuk ini sudah sangat terbukti khasiatnya. Karena dari dulu, orang Papua menggosokkan tanaman anti nyamuk ini ke kulit.
Tanaman ini ampuh untuk mengusir nyamuk, karena memiliki kandungan rutaecarpine dan juga evodiamine yang sangat tidak disukai nyamuk.
7. Kecombrang
Tanaman pengusir nyamuk berikutnya, yaitu kecombrang. Tanaman ini malah banyak dikenal sebagai bahan untuk masakan. Tapi selain untuk memasak, ternyata tanaman ini juga dapat menangkal datangnya nyamuk lho.
Bentuk bunganya juga terlihat unik, sehingga cocok untuk menjadi hiasan di rumah.
Itulah beberapa tanaman yang bisa kamu gunakan untuk mengusir nyamuk. Sepertinya bau yang kita anggap harum justru tidak disukai nyamuk ya. 
Jika rumahmu banyak didatangi nyamuk, letakkanlah beberapa tumbuhan pengusir nyamuk ini di rumahmu! Selain bebas nyamuk, rumahmu juga akan menjadi lebih harum dan segar tentunya.
Sumber : https://umma.id/s/INFNza

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama