Ini Dia 5 Aneka Olahan Tahu Favorit Banyak Orang di 2023, Semuanya Bikin Nagih

Beilmin - Sebagai orang Indonesia, yang namanya makan tahu bukan hal yang asing lagi untuk lidah. Makanan dari bahan dasar kedelai ini adalah makanan favorit dan merakyat. Tak hanya sehat, tahu juga murah dan mudah ditemukan.
Nikmatnya lagi, tahu bisa diolah menjadi berbagai macam menu makanan ataupun jajanan. Tapi apakah kamu sedang bosan dengan makanan berbahan dasar tahu? Itu pasti karena menu olahan tahunya itu-itu saja. Kalau begitu, coba dulu aneka olahan tahu yang dijamin bikin nagih berikut ini:
1. Tahu Jeletot
Dari luar sekilas tahu jeletot ini tampak seperti tahu isi biasa saja, tapi yang membuatnya unik dan spesial ialah ukuran jumbo dan isiannya yang super pedas. Nah, tahu jeletot ini pas banget untuk kita yang punya hobi berburu jajanan mengigit lidah.
Biasanya isi dari tahu jeletot adalah irisan wortel, tauge, kol, dan bumbu racikan cabai giling yang super pedas. Setiap gigitan dari tahu jeletot ini mampu membuat kita meringis kepedesan, lho. Kamu belum coba? Jangan sampai menyesal!
2. Tahu Brintik
Salah satu aneka olahan tahu ini bisa dibilang sebagai jajanan tahu kekinian yang semakin banyak penggemarnya. Bahan dasar tahu cukup dibalut bumbu dan toping berbagai macam rasa baru, seperti balado, keju, BBQ, ayam/sapi panggang, sampai saus lada hitam.
Sebenarnya tahu brintik merupakan camilan tahu yang dipotong kecil-kecil, lalu dilumuri dengan tepung dan digoreng hingga renyah. Tepung kriuk inilah yang membuat tahu terlihat brintik atau keriting. Selain dibungkus toping bumbu-bumbu tadi, tahu brintik juga semakin nikmat dicocol saus sambal, chilli pepper, ataupun mayonnaise.
3. Tahu Pletok
Kota tegal tak hanya terkenal dengan warteg-nya saja lho, tapi juga jajanan tahu pletok. Jajanan yang juga sering disebut tahu aci ini memang merupakan jajanan khas Slawi-Tegal, sekaligus adaptasi dari negeri asalnya, Tiongkok.
Tahu pletok diolah dari tahu kulit yang berwarna coklat. Tahu kulit ini selanjutnya diolesi dengan adonan aci atau tepung kanji, lalu digoreng hingga garing dan renyah. Penyajian tahu pletok belum lengkap jika tidak dibarengi sambal kecap pedas.
4. Tahu Kukus
Khusus untuk kamu yang sedang diet dan mengurangi banyak makanan yang digoreng, tahu kukus bisa jadi pilihan yang tepat dan kaya manfaat. Tahu kukus bisa diolah cukup dengan bahan dasar tahu putih yang dihancurkan lalu diberi berbagai macam bumbu rempah dan sayuran, misalnya wortel dan daun bawang. Selanjutnya, adonan tersebut diletakkan pada loyang untuk dikukus. Mudah dan enak, bukan?
5. Perkedel Tahu Kornet
Kalau biasanya perkedel terbuat dari kentang, ada cara unik untuk mengolah perkedel berbahan dasar tahu. Kunci utama resep perkedel tahu kornet adalah dari tahu yang sudah dihaluskan dan dicampur dengan kornet.
Cara membuatnya pun sama persis dengan membuat perkedel kentang, yaitu tahu dan kornet dihaluskan kemudian diberi bumbu dan telur, selanjutnya dibentuk bulat seperti perkedel. Langkah terakhir cukup digoreng hingga matang berwarna emas kecoklatan.
Untuk kamu yang bosan dengan aneka olahan tahu yang biasa, tak ada salahnya jika mencicipi kelima jajanan di atas. Mengolah sendiri di rumah pun akan memberikan kepuasan tersendiri lho, dijamin akan semakin jatuh cinta pada tahu.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama