Murah Meriah, Ternyata Ikan Ini Lebih Bergizi Dibanding Salmon

Beilmin - Ikan salmon identik sebagai ikan yang memiliki kandungan gizi paling tinggi. Karena populasinya yang tak sebanyak ikan lain, ikan yang hidup di Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik harganya pun kurang terjangkau di kantong masyarakat.
Namun jangan khawatir, di perairan Indonesia ternyata ada lho ikan yang kandungan gizinya tidak kalah dari salmon. Ikan apa itu? Kamu mungkin sering menjumpainya, namanya ikan kembung.
Dikutip dari Sindonews, ikan jenis pelagis kecil menjadi komoditas utama para nelayan kelas menangah. Ikan ini memiliki perawakan kecil, serta populasi melimpah.
Ikan Kembung. (Foto: net)
Umumnya nilai jual ikan ini jauh lebih terjangkau dibandingkan ikan salmon. Kabar baiknya, meski lebih murah, gizi ikan ini jauh lebih tinggi daripada ikan salmon. 
Jika ikan salmon sering dikaitkan dengan ikan yang kaya akan omega 3, ternyata omega 3 yang dimiliki ikan kembung jauh lebih tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, omega 3 ikan kembung tiga kali lipat lebih besar dibanding ikan salmon.
Omega 3 sendiri merupakan salah satu jenis lemak tak jenuh yang hanya bisa diperoleh dari asupan makanan maupun suplemen yang bersumber dari makanan seperti ikan tuna, kembung, salmon, minyak kanola, walnut, kacang kenari, kacang kedelai, alpukat, dan sejenisnya. 
Asupan omega 3 dibutuhkan bagi tubuh terutama jani ibu hamil serta anak-anak. Untuk orang dewasa, omega 3 bermanfaat menurunkan resiko penyakit jantung, menyehatkan mata, anti inflamasi, membantu penyerapan vitamin dan meningkatkan perkembangan otak. 
Harga ikan ini berkisar antara Rp. 30.000 sampai Rp. 35.000 per kilonya. Jadi tidak berlebihan jika ikan kembung disebut sebagai salah satu ikan primadona yang ada di Indonesia.
Sumber : https://umma.id/s/jmiMJr

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama