MAKALAH SISTEM INFORMASI MANAJEMEN GO-JEK

 


BAB I

PEMBAHASAN

1.1. LATAR BELAKANG

PT GO-JEK Indonesia adalah sebuah perusahaan penyedia jasa layanan transportasi yang menggunakan armada Ojek Motor yang tersebar dihampir seluruh wilayah cakupan Indonesia. PT GO-JEK Indonesia didirikan oleh Nadiem Makarim, ia lulus SMA di Singapura, dari Singapura ia kemudian melanjutkan pendidikannya di jurusan International Relations di Brown University. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2011. Kantor pusat yang terletak di Jl. Kemang Timur No.15, Mampang Prapatan.Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12730. Seiring berkembangnya permintaan masyarakat terhadap layanan GO-JEK, kini GO-JEK mempunyai kantor cabang di setiap daerah .PT GO-JEK Indonesia sudah mencapai 650.000 orang dengan pertumbuhan pengojek mencapai 10.000 orang yang bergabung. Tidak hanya wilayah Jabodetabek, GO-JEK sudah melebarkan sayapnya hingga ke Bali, Bandung, dan Surabaya. Fungsi kantor pusat yaitu tempat dimana server dan peralatan dan juga karyawan operator bekerja juga tempat penyimpanan server dari Go-jek Online dan juga tempat dimana konsumen menyampaikan keluhan atas pelayanan yang berikan dan juga pusat koordinasi antara pimpinan dengan tukang ojek.

Bisnis informatika itu sendiri adalah pekerjaan yang dilakukan individu atau kelompok untuk mendapatkan keuntungan layaknya sebuah bisnis yang  memanfaatkan teknik informatika. Melihat perkembangan Gojek memang sangat menarik karena Gojek merupakan startup pioner dibidang ojek online sehingga tampaknya cukup fair jika Gojek dijadikan contoh, harapannya perkembangan Gojek ini dapat menjadi suatu success story yang dapat diambil sebagai lessson learned bagi startup lainnya.

1.2.TUJUAN PENULISAN

1.      Untuk mengetahui bagaimana sistem bertransaksi pada sistem Gojek.

2.      Untuk memenuhi  tugas dari mata kuliah E-Commerce dalam Bedah Situs Aplikasi Gojek tersebut.

1.3.RUMUSAN MASALAH

1.      Bagaimana sejarah berdirinya perusahaan Gojek ?

2.      Apa saja Komponen Sistem Informasi?

3.      Bagaimana cara penggunaan aplikasi Go-Jek online tersebut?

4.      Apa saja kualitas dalam pelayanan Go-Jek tersebut?

5.      Apa saja keunggulan dan kelemahan pada Gojek?

6.      Apa saja sistem informasi yang digunakan dalam pt Go-Jek ?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

2.1.   VISI DAN MISI PT GO-JEK

Visi :

Membantu memperbaiki struktur transportasi di Indonesia, mmberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari seperti pengiriman dokumen, belanja harian, dengan menggunakan layanan fasilitas kurir, serta turut mensejahterakan kehidupan tukang ojek di Jakarta dan Indonesia kedepannya.

Misi :

1.      Menjadikan PT Go-Jek Indonesia sebagai jasa transportasi tercepat dalam melayani kebutuhan masyarakat Indonesia.

2.      Menjadikan PT Go-Jek Indonesia sebagai acuan pelaksanaan kepatuhan dan tata kelola struktur transportasi yang baik dengan menggunakan kemajuan teknologi.

3.      Meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungan dan sosial.

4.      Memberikan layanan prima dan solusi yang bernilai tambah kepada pelanggan.

 

2.2.   SEJARAH BERDIRINYA GOJEK

Go-Jek  merupakan perusahaan berjiwa sosial yang memimpin revolusi industri transportasi Ojek. Go-Jek bekerjasama  dengan para pengendara Ojek berpengalaman di Jakarta, Bandung, Bali & Surabaya dan menjadi solusi utama dalam pengiriman barang, pesan antar makanan, berbelanja dan berpergian di tengah kemacetan.

Go-Jek Indonesia berdiri pada tahun 2011 oleh Nadiem Makarim. sebagai social enterpreneurship inovatif untuk mendorong perubahan sektor transportasi informal agar dapat beroperasi secara profesional. Manajemen Go-Jek menerapkan sistem bagi hasil dengan sekitar 1000 pengemudi ojek yang saat ini berada di bawah naungan Go-Jek dan tersebar di Jabodetabek. Pembagiannya adalah, 80% penghasilan untuk pengemudi ojek dan 20%-nya untuk perusahaan. Go-jek perusahaan yang memiliki sebuah slogan yaitu An Ojek For Every Need adalah perusahaan transportasi asal Indonesia yang melayani angkutan manusia dan barang melalui jasa ojek melalui aplikasi yang dengan teknologi location based akan mencarikan driver yang posisinya paling dekat dengan pemesan. Dalam memberikan layanan, Gojek memanfaatkan teknologi informasi, antara lain :

1.      Teknologi End User

·         Aplikasi Smartphone Android

·         Aplikasi Smartphone IOS

2.      Teknologi Database

·         Cloud Computing

·         Smartphone Storage

3.      API (application programming interface)

·         Google Maps

·         Google Place

E-Commerce Pada PT.Gojek

E-commerce merupakan perdangan elektronik atau e-dagang atau yang disebut dengan penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, website, maupun jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat membuat segala sesuatu menjadi lebih mudah dengan menggunakan sistem elektronik.E-Commerce juga dapat diartikan sebagai suatu proses berbisnis dengan menggunakan teknologi elektronik yang menghubungkan antara perusahaan, konsumen dan masyarakat dalam bentuk transaksi elektronik dan pertukaran/penjualan barang, servis, dan informasi secara elektronik (Munawar, 2009:1).

Secara spesifik, e-commerce adalah dimana dalam satu website menyediakan atau dapat melakukan transaksi online atau juga bisa suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct selling yang memanfaatkan fasilitas internet dimana terdapat website yang menyediakan layanan “get and deliver” . E-commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman website. Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$ 12,2 miliar pada tahun 2003.

Adapun beberapa contoh aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah sebagai berikut :

  • E-mail dan Messaging
  • Content Management System
  • Database
  • Akunting dan sistem keuangan
  • Informasi pengiriman dan pemesanan
  • Online Shopping
  • Conferencing
  • Online Banking

E-Commerce sendiri dibagi menjadi tiga tipe, yaitu :

1.      Electronic Markets (Ems)

Ems adalah sebuah sarana yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk melakukan penawaran dalam sebuah segmen pasar.

2.      Electronic Data Interchange (EDI)

EDI adalah sarana pertukaran data terstuktur dengan format standar yang telah disetujui oleh antar organisasi yang melakukan pertukaran yang dilakukan dari satu sistem komputer ke sistem komputer yang lain dengan menggunakan media elektronik.

3.      Internet Commerce

Internet Commerce adalah penggunaan internet yang digunakan untuk bertukar informasi dan komunikasi untuk suatu bisnis / perdagangan. Kegiatan yang terdapat dalam Internet Commerce ini biasanya berupa iklan dalam penjualan produk dan jasa.

Gojek mengembangkan satu jenis e-commerce, yaitu Business to Customer yang dilakukan dengan personal online booking. Fitur e-commerce pada Gojek sangat lengkap jika dibandingkan dengan fitur e-commerce dari model transportasi lainnya. Gojek menawarkan e-commerce terpadu yang memungkinkan calon penumpang Gojek untuk menggunakan jasa kurir, jasa transportasi, jasa delivery makanan maupun jasa belanja. Fitur Gojek yang menarik adalah penumpang bisa menggunakan Credit Gojek dalam setiap trasaksinya jadi lebih praktis dan yang tak kalah menarik adalah penumpang dapat memberikan penilaian (rating) dan saran untuk driver Gojek.

 

Statistik

1.      Jumlah Pengunjung

Pada Januari 2015 lalu, aplikasi ini sudah diunduh sebanyak 32.360 kali. Dari jumlah tersebut, 17.582 unduhan diantaranya berasal dari pengguna Android, sedangkan sisanya berasal dari pengguna iOS. Bulan berikutnya unduhan semakin meningkat.Pada Februari total unduhan mencapai 81.843 kali. Dari jumlah tersebut 50.106 pengunduh diketahui menggunakan handset berbasis Android, sedangkan sisanya mengunduh dengan perangkat berplatform milik Apple. Memasuki bulan ketiga, jumlahnya terus meroket.

Pada Maret lalu, unduhan Gojek diketahui sudah menembus 131.795 kali. Seperti bulan sebelumnya, unduhan yang lebih banyak dilakukan melalui sistem operasi besutan Google. secara rinci unduhan melalui Android mencapai 81.893, sedangkan sisanya menggunakan iOS.Sementara itu, jumlah tukang ojek yang sudah tergabung dengan Gojek mencapai 3.700 orang pada pekan terakhir Maret lalu. Jumlah tersebut terbilang meroket cukup drastis. Pasalnya, pada Januari lalu tukang ojek yang bergabung baru 700 orang.

2.      Omset

Omset atau penghasilan yang di dapat oleh para tukang ojek gojek bisa mencapai Rp 4 juta hingga Rp 6 juta perbulan. Sistemnya adalah bagi hasil, yakni 80% dari total penghasilan masuk kantong pengojek dan 20%  sisanya untuk perusahaan gojek itu sendiri (Kompas.com) .

Bidang Usaha

Go-Jek merupakan bergerak dibidang usaha yang meberikan pelayanan terhadap pelanggan atau pengguna jasa gojek, mulai dari mengantarkan pelanggannya sampai dengan mengntarkan barang baik skala kecil maupun besar, dan juga menyediakan jasa pemesanan makanan, dan masih banyak lagi jasa yang ditawarkan oleh gojek.

 

2.3.   KOMPONEN SISTEM INFORMASI

a.       Perangkat Lunak : merupakan komponen yang memungkinkan hardware untuk memproses data melalui prosedur dan jaringan komunikasi yang sudah ditentukan. Go-Jek menawarkan perangkat lunak berupa aplikasi Android, IOS, dan juga Website. Sehingga user dapat terhubung dan memanfaatkan sistem informasi yang ada.

b.      Perangkat Keras : merupakan piranti-piranti fisik dimana perangkat lunak berada.

Go-Jek menggunakan Smartphone sebagai perangkat keras yang nantinya dipasang berupa aplikasi Go-Jek oleh user.

c.       People : merupakan semua pihak yang bertanggung jawab dalam pengembangan sistem informasi, pemrosesan, dan penggunaan data. Dalam Go-Jek terdapat pihak-pihak sebagai berikut : Programmer, System Analyst, Administrator Database, Driver atau suksesor layanan lainnya, User / Penumpang, dan lain lain.

d.      Basisdata / Data : Komponen informasi yang disimpan secara sistematik, sehingga dapat digunakan untuk menunjang kegiatan perusahaan. Pada Go-Jek antara lain adalah data penumpang, data driver, koordinat lokasi, data Go-Pay, dan lain-lain.

e.       Jaringan Komputer : merupakan media yang menghubungkan seluruh komponen secara bersama. Go-Jek menggunakan jaringan internet, sehingga dapat menghubungkan pengguna atau klien dengan sistem informasi mereka yang berbasis cloud.

f.       Prosedur : Sekumpulan aturan yang dipakai untuk mewujudkan pemrosesan data dan kesesuaian keluaran yang dikehendaki.

 

2.4.   KEUNTUNGAN PERUSAHAAN PT GO-JEK

Layaknya perusahaan teknologi berbasis internet, gojek nantinya tidak akan menarik keuntungan dari bayaran pengguna jasa, tapi dari sektor lain.  Bahkan dia memperkirakan promosi akan terus diterapkan.“mungkin dibilangnya promosi tapi biasa untuk selamanya. Karena jumlah pengguna yang terus bertambah akan sangat memungkinkan untuk pemasukan dari sektor lain. Strategi yang dilakukan  yang dilakukan oleh Gojek merupakan inovasi disruption business. Dengan kata lain Gojek berhasil mengubah perilaku pasar dengan memberikan keuntungan melalui tarif yang lebih murah dari objek tradisional sebelumnya.

Secara otomatis akan banyak pelanggan  yang akan beralih menggunakan Gojek. Ketika penggunaan Gojek berlimpah ,maka akan sangat mudah bagi Gojek untuk meraup keuntunganbesar dari sisi manapun, seperti iklan misalnya. Bukan hanya dari iklan saja ,Gojek juga bisa mendapatkan keuntungan dari data pengguna yang dimilikinya. Seperti halnya perusahaan teknologi raksasa dunia,Geogle. Gojek akan punya data orang yang menggunakan jasanya. Nah, siapapun yang ingin mendapatkan data pelanggan, itu bisa didapat dari Gojek. Nanti iklan juga akan datang dengan sendirinya,jadi fungsinya bisa jadi media juga.

 

2.5.   CARA PENGGUNAAN APLIKASI GOJEK ONLINE

Proses kerjanya cukup mudah, anda pilih menu transport masukan alamat anda dan alamat tujuan anda, lalu klik order Disana akan diberikan keterangan jarak tempuh dan biaya yang harus dibayarkan. Untuk pembayarannya sendiri, Go-Jek menawarkan beberapa opsi diantaranya uang cash, kredit Go-Jek, serta pin korporat. Anda dapat menggunakan free credit G0-Jek sebesar Rp. 50.000 tadi. Setelah selesai, aplikasi ini secara otomatis akan mulai mencarikan pengemudi ojek terdekat dengan lokasi Anda. Untuk estimasi waktu kedatangan, Go-Jek menyarankan untuk menunggu selama 10 menit. Bisa lama, bisa juga cepat tergantung dari si ojek. Sembari menunggu kedatangan si ojek, Anda juga dapat melihat berbagai macam informasi pemesanan, semisal nama si ojek. Anda juga bisa memantau keberadaan si ojek dengan melihat peta yang beroperasi menggunakan GPS.

Layanan yang ada dalam aplikasi Gojek :

1.      Go-Send

Dengan menggunakan layanan ini, Anda dapat memesan ojek untuk melakukan pengantaran berkas dokumen seperti tiket nonton bioskop, order CD/ DVD di suatu tempat, atau lainnya.

Cara pemesanan nya adalah :

a.       Pilih alamat tujuan yang akan di tuju

b.      Lalu tulis alamat anda untuk pengambilan berkas dokumen nya

c.       Kemudian klik atau pilih cara pembayaran, setelah itu app akan mulai mencari pengemudi yang akan mengantar berkas anda.

2.      Go-Ride

Layanan angkutan bagi siapapun yang membutuhkan. Anda dapat memesan maksimal satu ojek untuk satu orang. Selain cepat sampai dan nyaman, Gojek juga aman karena setiap penumpang yang diantar akan diberikan masker dan helm.

Cara pemesanan nya adalah :

a.       Buka app gojek kemudian sign in

b.      Tulis alamat anda untuk penjemputan

c.       Lalu tulis alamat yang akan anda tuju

d.       Lalu kemudian pilih cara pembayaran tunai atau non tunai

3.      Go-Food

Malas untuk keluar rumah untuk mencari makanan? Dengan menggunakan layanan Go-Food, Anda dapat memesan makanan dengan mudah dan ongkos yang murah. Di Go-Food, akan ditampilkan daftar menu-menu makanan dari restoran populer di Indonesia, dan ongkos kirim untuk Go-Food juga sangat terjangkau, terakhir saya beli martabak Oreo Cream Cheese-nya Martabak Blackpool yang sejauh 27 km, hanya dibiayai 10 ribu Rupiah.

Cara pemesanan nya adalah :

a.       Buka app gojek kemudian sign in

b.      Lalu tulis makanan apa yang akan anda pesan

c.       Lalu tulis alamat yang akan anda tuju

d.      Lalu kemudian pilih cara pembayaran tunai atau non tunai

4.      Go-Mart

Berbelanja dengan mudah dan cepat melalui layanan Go-Mart di GOJEK. Layanan ini cocok untuk Anda yang ingin membeli barang/ belanjaan, tetapi tidak punya cukup waktu untuk keluar rumah.

Cara pemesaan nya :

a.       Buka app gojek kemudian sign in

b.       Lalu tulis barang apa yang ingin anda beli

c.       Lalu tulis alamat yang akan anda tuju

d.      Lalu kemudian pilih cara pembayaran tunai atau non tunai  

5.      Go-Box

Layanan terbaru dari GOJEK ini memungkinkan Anda untuk memesan suatu barang yang besar karena nanti akan diangkut truk, seperti TV, meja, mesin cuci, dan lain-lain. Go-box ini berkolaborasi dengan para penyedia layanan logistik.

Cara pemesanan :

a.       Buka app gojek kemudian sign in

b.      Lalu tulis barang yang ingin anda beli

c.       Lalu tulis alamat yang akan anda tuju

d.      Lalu kemudian pilih cara pembayaran tunai atau non tunai

6.      Go-clean

Pembantu pulang kampung? Anda bisa andalkan layanan bersih-bersih rumah atau perkantoran dengan layanan Go-clean dari Gojek. Ngomong-ngomong ada yang bertanya mengenai layanan ini, "Berarti yang bersih-bersih ojek, dong?," padahal sudah jelas-jelas ya yang membersihkan bukan ojek, melainkan tenaga kerja professional yang berpengalaman.

Cara pemesanan :

a.       Buka app gojek kemudian sign in

b.      Lalu tulis alamat tempat tinggal anda

c.       Lalu kemudian pilih cara pembayaran tunai atau non tunai

7.      Go-Glam

Jasa kecantikan yang disediakan Gojek. Ya, dengan ini Anda akan dibantu oleh perias wajah professional untuk membuat wajah Anda semakin cantik merona. Biaya tergantung lama dan tingkat kesulitannya si konsumen.

Cara pemesanan nya :

a.       Buka app gojek kemudian sign in

b.      Lalu tulis alamat tempat tinggal anda

c.       Lalu kemudian pilih cara pembayaran tunai atau non tunai

8.      Go-Massage

Apakah Anda sering merasa pegal-pegal sehabis kerja seharian? Maka Anda patut untuk mencoba menggunakan layanan Go-massage. Layanan terapi dari Gojek juga cukup terjangkau.

Cara pemesanan nya ;

a.       Buka app gojek kemudian sign in

b.      Lalu tulis alamat tempat tinggal anda

c.       Lalu kemudian pilih cara pembayaran tunai atau non tunai

 

 

2.6.   KUALITAS PELAYANAN GO-JEK

Sebagai Perusahaan jasa yang sangat menjunjung tinggi sebuah kualitas jasa yang berikan, Go-Jek memberikan kualitas Jasa yang baik seperti :

a.      Kehandalan

Go-jek mampu memberikan pelayanan yang dijanjikan dengan tepat, dan dapat dipercaya, tepat waktu seperti pelayanan 90 minute delivery anywhere in the city

b.      Daya Tanggap

Go-jek siap dan tanggap untuk menangani respon permintaan pelanggan karena go-jek melakukan sistem online dalam hal pelayanannya juga menyediakan pinjaman dana untuk konsumen yang menggunakan jasa belanja. Shop for food, ticket, medicine anything under Rp 1.000.000. motto go-jek “We’ll pay for it first”

c.       Assurance (Jaminan)

Dalam pelayanannya Gojek berusaha untuk membuat konsumen merasa aman dalam hal pemakaian jasa Go-jek, dan juga selalu sopan terhadap konsumen, Seperti:
Transparent pricing, Free shower cap and masker, serta selalu mengutamakan kejujuran dan kepercayaan

d.      Emphaty

Dalam hal ini Go-jek berusaha menjadikan konsumen seperti pathner dan juga menciptakan hubungan relasional yang baik dengan pelanggan.

e.       Tangible

Go-jek Selalu memberikan fasilitas fisik yang memadai juga perlengkapan dan juga sarana komunikasi baik untuk driver ataupun pelanggan. Peralatan Modern : Sistem Online dan TI nya yang bisa di instal di smartphone.

 

2.7.   KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN

a.      Keunggulan

Beberapa kelebihan Gojek adalah sebagai berikut :

1.      Praktis dan Mudah dalam bertransaksi

2.      Penggunaan trend teknologi Aplikasi GO-JEK

3.      Memberikan Kenyamanan terhadap penumpang

4.       Tidak ada tawar menawar harga, semua sudah langsung terkalkulasi saat order.

5.      Bisa sebagai antar jemput barang dan belanja

6.      Mendapat fasilitas Helm resmi dari Gojek berwarna hijau dan bersih, dan Penutup masker.

7.      Pelayanan nya pun ramah dan sopan, dan mematuhi rambu lalu lintas.

b.      Kelemahan

1.      Harus mempunyai paket data untuk bertransaksi.

2.      Masalah privasi pelanggan atau potensi penyalahgunaan data pelanggan GOJEK

 

2.8.   SISTEM INFORMASI YANG DIGUNAKAN DALAM PT GO-JEK

1)      Input Data

Calon penumpang menentukan lokasi penjemputan dan lokasi tujuan kemudian Go-Jek akan mengkalkulasi pembayaran. Dan kemudian calon penumpang memilih cara pembayaran ( cash atau memakai Credit Go-Jek).

2)      Process Driver On The Way

Setelah melakukan pemesanan, aplikasi akan merespon untuk mencari supir Go-Jek terdekat dengan lokasi calon penumpangnya. Pada fitur ini, calon penumpang akan melihat GPS mengenai keberadaan supir Go-Jek yang akan menjemputnya bahkan terdapat berapa lama estimasi yang dibutuhkan supir Go-Jek sampai dilokasi calon penumpang.

3)      Process SMS & Call

Ketika Supir Go-Jek belum sampai juga, calon penumpang bisa memanfaatkan fitur SMS & Call yang telah disediakan oleh Go-Jek Apps.

4)      Output Driver Review

Untuk fitur ini penumpang dapat memberikan rating dan komentar mengeni pelayanan yang dilakukan oleh supir Go-Jek, karena dari rating inilah supir Go-Jek akan mendapatkan bonus bulanan.

5)      My Wallet

Fitur ini memudahkan penumpang dalam pembayaran, karena tidak memerlukan uang cash. Untuk penumpang yang baru pertama kali ingin menggunakan, Go-Jek memberikan kode voucher senilai Rp. 50.000.untuk pengisian ulang penumpang dapat mentransfer uang melalui Bank yang sudah ditentukan

BAB II

PENUTUP

 

3.1.   KESIMPULAN

1.         Penggunaan aplikasi Gojek  sangatlah bermanfaat bagi masyarakat sekarang ini. Karena dengan adanya aplikasi Gojek  sangat  memudah masyarakat dalam penggunaan tranfortasi,dan bisa lebih menghemat waktu

2.         Dengan hanya bermodalkan Smarphone android kita bisa bebas kapan dan dimanapun menginstal Aplikasi Gojek di play store.

3.         Dari aplikasi Gojek kita bisa langsung melihat tarif yang harus kita bayar ketika kita mau bepergian ke suatu tempat,sehingga kita bisa tau berapa biaya yang harus kita bayar.

3.2.   SARAN

Bagi para pengemudi ojek konvensiaonal,sebaiknya memiliki kemauan untuk mengikuti teknologi  pada zaman ini, jangan selalu menyalahkan teknologi yang berkembang sehingga bisa ikut bekerja dengan perusahan ojek online dan  menggunakan gadget selama bekerja. Dan Semoga dengan adannya transportasi online ini memberikan pengaruh baik transportasi bagi masyarakat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

http://makalahjurusansisteminformasi.blogspot.com/2016/01/makalah-bedah-aplikasi-gojek.html

https://milaminora.wordpress.com/2016/02/13/sistem-informasi-manajemen-studi-kasus-go-jek-2/

 

 

 

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama