BAB I
PEMBAHASAN
1.1. LATAR BELAKANG
PT GO-JEK Indonesia adalah sebuah perusahaan penyedia jasa
layanan transportasi yang menggunakan armada Ojek Motor yang tersebar dihampir
seluruh wilayah cakupan Indonesia. PT GO-JEK Indonesia didirikan oleh
Nadiem Makarim, ia lulus SMA di Singapura, dari Singapura ia kemudian
melanjutkan pendidikannya di jurusan International Relations di Brown
University. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2011. Kantor pusat yang
terletak di Jl. Kemang Timur No.15,
Mampang Prapatan.Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
12730. Seiring berkembangnya permintaan masyarakat terhadap layanan GO-JEK,
kini GO-JEK mempunyai kantor cabang di setiap daerah .PT GO-JEK Indonesia sudah
mencapai 650.000 orang dengan pertumbuhan pengojek mencapai 10.000 orang yang
bergabung. Tidak hanya wilayah Jabodetabek, GO-JEK sudah melebarkan sayapnya
hingga ke Bali, Bandung, dan Surabaya. Fungsi kantor pusat yaitu tempat dimana
server dan peralatan dan juga karyawan operator bekerja juga tempat penyimpanan
server dari Go-jek Online dan juga tempat dimana konsumen menyampaikan keluhan
atas pelayanan yang berikan dan juga pusat koordinasi antara pimpinan dengan
tukang ojek.
Bisnis informatika
itu sendiri adalah pekerjaan yang dilakukan individu atau kelompok untuk
mendapatkan keuntungan layaknya sebuah bisnis yang memanfaatkan teknik
informatika. Melihat perkembangan Gojek memang sangat menarik karena Gojek merupakan
startup pioner dibidang ojek online sehingga tampaknya cukup fair jika Gojek
dijadikan contoh, harapannya perkembangan Gojek ini dapat menjadi suatu success
story yang dapat diambil sebagai lessson learned bagi startup lainnya.
1.2.TUJUAN
PENULISAN
1. Untuk
mengetahui bagaimana sistem bertransaksi pada sistem Gojek.
2. Untuk
memenuhi tugas dari mata kuliah E-Commerce dalam Bedah Situs
Aplikasi Gojek tersebut.
1.3.RUMUSAN
MASALAH
1.
Bagaimana sejarah berdirinya perusahaan Gojek ?
2.
Apa saja Komponen Sistem Informasi?
3.
Bagaimana cara penggunaan aplikasi Go-Jek
online tersebut?
4.
Apa saja kualitas dalam
pelayanan Go-Jek tersebut?
5.
Apa saja keunggulan dan kelemahan pada Gojek?
6.
Apa
saja sistem informasi yang digunakan dalam pt Go-Jek ?
BAB II
PEMBAHASAN
2.1. VISI DAN MISI PT GO-JEK
Visi :
Membantu
memperbaiki struktur transportasi di Indonesia, mmberikan kemudahan bagi
masyarakat dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari seperti pengiriman dokumen,
belanja harian, dengan menggunakan layanan fasilitas kurir, serta turut
mensejahterakan kehidupan tukang ojek di Jakarta dan Indonesia kedepannya.
Misi :
1.
Menjadikan
PT Go-Jek Indonesia sebagai jasa transportasi tercepat dalam melayani kebutuhan
masyarakat Indonesia.
2.
Menjadikan
PT Go-Jek Indonesia sebagai acuan pelaksanaan kepatuhan dan tata kelola
struktur transportasi yang baik dengan menggunakan kemajuan teknologi.
3.
Meningkatkan
kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungan dan sosial.
4.
Memberikan
layanan prima dan solusi yang bernilai tambah kepada pelanggan.
2.2. SEJARAH
BERDIRINYA GOJEK
Go-Jek merupakan
perusahaan berjiwa sosial yang memimpin revolusi industri transportasi Ojek. Go-Jek
bekerjasama dengan para pengendara Ojek berpengalaman di Jakarta,
Bandung, Bali & Surabaya dan menjadi solusi utama dalam pengiriman barang,
pesan antar makanan, berbelanja dan berpergian di tengah kemacetan.
Go-Jek Indonesia
berdiri pada tahun 2011 oleh Nadiem Makarim. sebagai social enterpreneurship inovatif untuk
mendorong perubahan sektor transportasi informal agar dapat beroperasi secara
profesional. Manajemen Go-Jek menerapkan sistem bagi hasil dengan sekitar 1000
pengemudi ojek yang saat ini berada di bawah naungan Go-Jek dan tersebar di
Jabodetabek. Pembagiannya adalah, 80% penghasilan untuk pengemudi ojek dan
20%-nya untuk perusahaan. Go-jek perusahaan yang memiliki sebuah
slogan yaitu An Ojek For Every Need adalah perusahaan transportasi asal
Indonesia yang melayani angkutan manusia dan barang melalui jasa ojek melalui
aplikasi yang dengan teknologi location based akan mencarikan driver yang
posisinya paling dekat dengan pemesan. Dalam memberikan layanan, Gojek memanfaatkan teknologi
informasi, antara lain :
1.
Teknologi
End User
·
Aplikasi
Smartphone Android
·
Aplikasi
Smartphone IOS
2.
Teknologi
Database
·
Cloud
Computing
·
Smartphone
Storage
3.
API
(application programming interface)
·
Google
Maps
·
Google
Place
E-Commerce Pada PT.Gojek
E-commerce
merupakan perdangan elektronik atau e-dagang atau yang disebut dengan
penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem
elektronik seperti internet atau televisi, website, maupun jaringan komputer
lainnya. E-commerce dapat membuat segala sesuatu menjadi lebih mudah dengan
menggunakan sistem elektronik.E-Commerce juga dapat diartikan sebagai suatu
proses berbisnis dengan menggunakan teknologi elektronik yang menghubungkan
antara perusahaan, konsumen dan masyarakat dalam bentuk transaksi elektronik
dan pertukaran/penjualan barang, servis, dan informasi secara elektronik
(Munawar, 2009:1).
Secara
spesifik, e-commerce adalah dimana dalam satu website menyediakan atau dapat
melakukan transaksi online atau juga bisa suatu cara berbelanja atau berdagang
secara online atau direct selling yang memanfaatkan fasilitas internet dimana
terdapat website yang menyediakan layanan “get and deliver” . E-commerce
pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner
elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman
website. Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan
seharga AS$ 12,2 miliar pada tahun 2003.
Adapun
beberapa contoh aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah sebagai
berikut :
- E-mail
dan Messaging
- Content
Management System
- Database
- Akunting
dan sistem keuangan
- Informasi
pengiriman dan pemesanan
- Online
Shopping
- Conferencing
- Online
Banking
E-Commerce sendiri dibagi menjadi tiga tipe, yaitu :
1. Electronic
Markets (Ems)
Ems adalah sebuah sarana yang
menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk melakukan penawaran dalam
sebuah segmen pasar.
2. Electronic Data Interchange (EDI)
EDI adalah sarana pertukaran data
terstuktur dengan format standar yang telah disetujui oleh antar organisasi
yang melakukan pertukaran yang dilakukan dari satu sistem komputer ke sistem
komputer yang lain dengan menggunakan media elektronik.
3.
Internet
Commerce
Internet Commerce adalah penggunaan
internet yang digunakan untuk bertukar informasi dan komunikasi untuk suatu
bisnis / perdagangan. Kegiatan yang terdapat dalam Internet Commerce ini
biasanya berupa iklan dalam penjualan produk dan jasa.
Gojek mengembangkan satu jenis
e-commerce, yaitu Business to Customer yang dilakukan dengan personal online
booking. Fitur e-commerce pada Gojek sangat lengkap jika dibandingkan dengan
fitur e-commerce dari model transportasi lainnya. Gojek menawarkan e-commerce
terpadu yang memungkinkan calon penumpang Gojek untuk menggunakan jasa kurir,
jasa transportasi, jasa delivery makanan maupun jasa belanja. Fitur Gojek yang
menarik adalah penumpang bisa menggunakan Credit Gojek dalam setiap trasaksinya
jadi lebih praktis dan yang tak kalah menarik adalah penumpang dapat memberikan
penilaian (rating) dan saran untuk driver Gojek.
Statistik
1.
Jumlah Pengunjung
Pada Januari 2015 lalu, aplikasi ini sudah diunduh
sebanyak 32.360 kali. Dari jumlah tersebut, 17.582 unduhan diantaranya berasal
dari pengguna Android, sedangkan sisanya berasal dari pengguna iOS. Bulan
berikutnya unduhan semakin meningkat.Pada Februari total unduhan mencapai
81.843 kali. Dari jumlah tersebut 50.106 pengunduh diketahui menggunakan
handset berbasis Android, sedangkan sisanya mengunduh dengan perangkat
berplatform milik Apple. Memasuki bulan ketiga, jumlahnya terus meroket.
Pada Maret lalu, unduhan Gojek diketahui sudah
menembus 131.795 kali. Seperti bulan sebelumnya, unduhan yang lebih banyak
dilakukan melalui sistem operasi besutan Google. secara rinci unduhan melalui
Android mencapai 81.893, sedangkan sisanya menggunakan iOS.Sementara itu,
jumlah tukang ojek yang sudah tergabung dengan Gojek mencapai 3.700 orang pada
pekan terakhir Maret lalu. Jumlah tersebut terbilang meroket cukup drastis.
Pasalnya, pada Januari lalu tukang ojek yang bergabung baru 700 orang.
2.
Omset
Omset atau penghasilan yang di dapat oleh para tukang
ojek gojek bisa mencapai Rp 4 juta hingga Rp 6 juta perbulan. Sistemnya adalah
bagi hasil, yakni 80% dari total penghasilan masuk kantong pengojek dan
20% sisanya untuk perusahaan gojek itu sendiri (Kompas.com) .
Bidang Usaha
Go-Jek merupakan
bergerak dibidang usaha yang meberikan pelayanan terhadap pelanggan atau
pengguna jasa gojek, mulai dari mengantarkan pelanggannya sampai dengan
mengntarkan barang baik skala kecil maupun besar, dan juga menyediakan jasa
pemesanan makanan, dan masih banyak lagi jasa yang ditawarkan oleh gojek.
2.3. KOMPONEN
SISTEM INFORMASI
a.
Perangkat Lunak : merupakan komponen yang memungkinkan hardware untuk
memproses data melalui prosedur dan jaringan komunikasi yang sudah ditentukan. Go-Jek menawarkan perangkat lunak berupa
aplikasi Android, IOS, dan juga Website. Sehingga user dapat terhubung dan
memanfaatkan sistem informasi yang ada.
b.
Perangkat Keras : merupakan piranti-piranti fisik dimana perangkat
lunak berada.
Go-Jek
menggunakan Smartphone sebagai perangkat keras yang nantinya dipasang berupa
aplikasi Go-Jek oleh user.
c. People : merupakan semua pihak yang
bertanggung jawab dalam pengembangan sistem informasi, pemrosesan, dan
penggunaan data. Dalam Go-Jek terdapat
pihak-pihak sebagai berikut : Programmer, System Analyst,
Administrator Database, Driver atau suksesor layanan lainnya, User /
Penumpang, dan lain lain.
d. Basisdata
/ Data : Komponen informasi yang
disimpan secara sistematik, sehingga dapat digunakan untuk menunjang kegiatan
perusahaan. Pada Go-Jek antara lain
adalah data penumpang, data driver, koordinat lokasi, data Go-Pay, dan
lain-lain.
e. Jaringan
Komputer : merupakan media yang
menghubungkan seluruh komponen secara bersama. Go-Jek menggunakan jaringan internet, sehingga dapat menghubungkan
pengguna atau klien dengan sistem informasi mereka yang berbasis cloud.
f. Prosedur : Sekumpulan aturan yang dipakai
untuk mewujudkan pemrosesan data dan kesesuaian keluaran yang dikehendaki.
2.4. KEUNTUNGAN PERUSAHAAN PT GO-JEK
Layaknya perusahaan teknologi
berbasis internet, gojek nantinya tidak akan menarik keuntungan dari bayaran
pengguna jasa, tapi dari sektor lain. Bahkan dia memperkirakan promosi
akan terus diterapkan.“mungkin dibilangnya promosi tapi biasa untuk selamanya.
Karena jumlah pengguna yang terus bertambah akan sangat memungkinkan untuk
pemasukan dari sektor lain. Strategi yang dilakukan yang dilakukan oleh
Gojek merupakan inovasi disruption business. Dengan kata lain Gojek berhasil
mengubah perilaku pasar dengan memberikan keuntungan melalui tarif yang lebih
murah dari objek tradisional sebelumnya.
Secara otomatis akan banyak
pelanggan yang akan beralih menggunakan Gojek. Ketika penggunaan Gojek
berlimpah ,maka akan sangat mudah bagi Gojek untuk meraup keuntunganbesar dari
sisi manapun, seperti iklan misalnya. Bukan hanya dari iklan saja ,Gojek juga
bisa mendapatkan keuntungan dari data pengguna yang dimilikinya. Seperti halnya
perusahaan teknologi raksasa dunia,Geogle. Gojek akan punya data orang yang
menggunakan jasanya. Nah, siapapun yang ingin mendapatkan data pelanggan, itu
bisa didapat dari Gojek. Nanti iklan juga akan datang dengan sendirinya,jadi
fungsinya bisa jadi media juga.
2.5. CARA PENGGUNAAN APLIKASI GOJEK
ONLINE
Proses kerjanya cukup mudah, anda pilih
menu transport masukan alamat anda dan alamat tujuan anda, lalu klik
order Disana akan diberikan keterangan jarak tempuh dan biaya yang harus
dibayarkan. Untuk pembayarannya sendiri, Go-Jek menawarkan beberapa opsi
diantaranya uang cash, kredit Go-Jek, serta pin korporat. Anda dapat
menggunakan free credit G0-Jek sebesar Rp. 50.000 tadi. Setelah selesai,
aplikasi ini secara otomatis akan mulai mencarikan pengemudi ojek terdekat
dengan lokasi Anda. Untuk estimasi waktu kedatangan, Go-Jek menyarankan untuk
menunggu selama 10 menit. Bisa lama, bisa juga cepat tergantung dari si
ojek. Sembari menunggu kedatangan si ojek, Anda juga dapat melihat
berbagai macam informasi pemesanan, semisal nama si ojek. Anda juga bisa
memantau keberadaan si ojek dengan melihat peta yang beroperasi menggunakan
GPS.
Layanan yang ada dalam aplikasi Gojek :
1. Go-Send
Dengan menggunakan layanan ini, Anda
dapat memesan ojek untuk melakukan pengantaran berkas dokumen seperti tiket
nonton bioskop, order CD/ DVD di suatu tempat, atau lainnya.
Cara pemesanan nya adalah :
a.
Pilih alamat tujuan yang akan di tuju
b.
Lalu tulis alamat anda untuk pengambilan berkas
dokumen nya
c.
Kemudian klik atau pilih cara pembayaran, setelah itu
app akan mulai mencari pengemudi yang akan mengantar berkas anda.
2. Go-Ride
Layanan angkutan bagi siapapun yang
membutuhkan. Anda dapat memesan maksimal satu ojek untuk satu orang. Selain
cepat sampai dan nyaman, Gojek juga aman karena setiap penumpang yang diantar
akan diberikan masker dan helm.
Cara
pemesanan nya adalah :
a.
Buka app gojek kemudian sign in
b.
Tulis alamat anda untuk penjemputan
c.
Lalu tulis alamat yang akan anda tuju
d.
Lalu kemudian pilih cara pembayaran tunai atau
non tunai
3. Go-Food
Malas untuk keluar rumah untuk
mencari makanan? Dengan menggunakan layanan Go-Food, Anda dapat memesan makanan
dengan mudah dan ongkos yang murah. Di Go-Food, akan ditampilkan daftar
menu-menu makanan dari restoran populer di Indonesia, dan ongkos kirim untuk
Go-Food juga sangat terjangkau, terakhir saya beli martabak Oreo Cream
Cheese-nya Martabak Blackpool yang sejauh 27 km, hanya dibiayai 10 ribu Rupiah.
Cara pemesanan nya adalah :
a.
Buka app gojek kemudian sign in
b.
Lalu tulis makanan apa yang akan anda pesan
c.
Lalu tulis alamat yang akan anda tuju
d.
Lalu kemudian pilih cara pembayaran tunai atau non
tunai
4. Go-Mart
Berbelanja dengan mudah dan cepat
melalui layanan Go-Mart di GOJEK. Layanan ini cocok untuk Anda yang ingin
membeli barang/ belanjaan, tetapi tidak punya cukup waktu untuk keluar rumah.
Cara pemesaan nya :
a.
Buka app gojek kemudian sign in
b.
Lalu tulis barang apa yang ingin anda beli
c.
Lalu tulis alamat yang akan anda tuju
d.
Lalu kemudian pilih cara pembayaran tunai atau non
tunai
5. Go-Box
Layanan terbaru dari GOJEK ini
memungkinkan Anda untuk memesan suatu barang yang besar karena nanti akan diangkut
truk, seperti TV, meja, mesin cuci, dan lain-lain. Go-box ini berkolaborasi
dengan para penyedia layanan logistik.
Cara pemesanan :
a.
Buka app gojek kemudian sign in
b.
Lalu tulis barang yang ingin anda beli
c.
Lalu tulis alamat yang akan anda tuju
d.
Lalu kemudian pilih cara pembayaran tunai atau non
tunai
6. Go-clean
Pembantu pulang kampung? Anda bisa
andalkan layanan bersih-bersih rumah atau perkantoran dengan layanan Go-clean
dari Gojek. Ngomong-ngomong ada yang bertanya mengenai layanan ini,
"Berarti yang bersih-bersih ojek, dong?," padahal sudah jelas-jelas
ya yang membersihkan bukan ojek, melainkan tenaga kerja professional yang
berpengalaman.
Cara pemesanan :
a.
Buka app gojek kemudian sign in
b.
Lalu tulis alamat tempat tinggal anda
c.
Lalu kemudian pilih cara pembayaran tunai atau non
tunai
7. Go-Glam
Jasa kecantikan yang disediakan
Gojek. Ya, dengan ini Anda akan dibantu oleh perias wajah professional untuk
membuat wajah Anda semakin cantik merona. Biaya tergantung lama dan tingkat
kesulitannya si konsumen.
Cara pemesanan nya :
a.
Buka app gojek kemudian sign in
b.
Lalu tulis alamat tempat tinggal anda
c.
Lalu kemudian pilih cara pembayaran tunai atau non
tunai
8. Go-Massage
Apakah Anda sering merasa
pegal-pegal sehabis kerja seharian? Maka Anda patut untuk mencoba menggunakan
layanan Go-massage. Layanan terapi dari Gojek juga cukup terjangkau.
Cara pemesanan nya ;
a.
Buka app gojek kemudian sign in
b.
Lalu tulis alamat tempat tinggal anda
c.
Lalu kemudian pilih cara pembayaran tunai atau non
tunai
2.6. KUALITAS PELAYANAN GO-JEK
Sebagai
Perusahaan jasa yang sangat menjunjung tinggi sebuah kualitas jasa yang
berikan, Go-Jek memberikan kualitas Jasa yang baik seperti :
a. Kehandalan
Go-jek mampu memberikan pelayanan
yang dijanjikan dengan tepat, dan dapat dipercaya, tepat waktu seperti
pelayanan 90 minute delivery anywhere in the city
b. Daya Tanggap
Go-jek siap dan tanggap untuk
menangani respon permintaan pelanggan karena go-jek melakukan sistem online
dalam hal pelayanannya juga menyediakan pinjaman dana untuk konsumen yang
menggunakan jasa belanja. Shop for food, ticket, medicine anything under Rp
1.000.000. motto go-jek “We’ll pay for it first”
c. Assurance (Jaminan)
Dalam pelayanannya Gojek berusaha
untuk membuat konsumen merasa aman dalam hal pemakaian jasa Go-jek, dan juga
selalu sopan terhadap konsumen, Seperti:
Transparent pricing, Free shower cap and masker, serta selalu mengutamakan
kejujuran dan kepercayaan
d. Emphaty
Dalam hal ini Go-jek berusaha
menjadikan konsumen seperti pathner dan juga menciptakan hubungan relasional
yang baik dengan pelanggan.
e. Tangible
Go-jek Selalu memberikan fasilitas
fisik yang memadai juga perlengkapan dan juga sarana komunikasi baik untuk
driver ataupun pelanggan. Peralatan Modern : Sistem Online dan TI nya yang bisa
di instal di smartphone.
2.7. KEUNGGULAN
DAN KELEMAHAN
a.
Keunggulan
Beberapa
kelebihan Gojek adalah sebagai berikut :
1.
Praktis dan Mudah dalam bertransaksi
2.
Penggunaan trend teknologi Aplikasi GO-JEK
3.
Memberikan Kenyamanan terhadap penumpang
4.
Tidak ada tawar menawar
harga, semua sudah langsung terkalkulasi saat order.
5.
Bisa sebagai antar jemput barang dan belanja
6.
Mendapat fasilitas Helm resmi dari Gojek berwarna
hijau dan bersih, dan Penutup masker.
7.
Pelayanan nya pun ramah dan sopan, dan mematuhi rambu
lalu lintas.
b.
Kelemahan
1.
Harus mempunyai paket data untuk bertransaksi.
2.
Masalah privasi pelanggan atau potensi penyalahgunaan
data pelanggan GOJEK
2.8. SISTEM
INFORMASI YANG DIGUNAKAN DALAM PT GO-JEK
1)
Input
Data
Calon penumpang menentukan lokasi
penjemputan dan lokasi tujuan kemudian Go-Jek akan mengkalkulasi pembayaran.
Dan kemudian calon penumpang memilih cara pembayaran ( cash atau memakai Credit
Go-Jek).
2)
Process Driver On The Way
Setelah
melakukan pemesanan, aplikasi akan merespon untuk mencari supir Go-Jek terdekat
dengan lokasi calon penumpangnya. Pada fitur ini, calon penumpang akan melihat
GPS mengenai keberadaan supir Go-Jek yang akan menjemputnya bahkan terdapat
berapa lama estimasi yang dibutuhkan supir Go-Jek sampai dilokasi calon
penumpang.
3)
Process SMS & Call
Ketika
Supir Go-Jek belum sampai juga, calon penumpang bisa memanfaatkan fitur SMS
& Call yang telah disediakan oleh Go-Jek Apps.
4) Output Driver Review
Untuk
fitur ini penumpang dapat memberikan rating dan komentar mengeni pelayanan yang
dilakukan oleh supir Go-Jek, karena dari rating inilah supir Go-Jek akan
mendapatkan bonus bulanan.
5)
My
Wallet
Fitur
ini memudahkan penumpang dalam pembayaran, karena tidak memerlukan uang cash.
Untuk penumpang yang baru pertama kali ingin menggunakan, Go-Jek memberikan
kode voucher senilai Rp. 50.000.untuk pengisian ulang penumpang dapat
mentransfer uang melalui Bank yang sudah ditentukan
BAB II
PENUTUP
3.1. KESIMPULAN
1.
Penggunaan aplikasi Gojek sangatlah bermanfaat bagi masyarakat sekarang
ini. Karena dengan adanya aplikasi Gojek
sangat memudah masyarakat dalam penggunaan tranfortasi,dan bisa
lebih menghemat waktu
2.
Dengan hanya bermodalkan Smarphone android kita bisa
bebas kapan dan dimanapun menginstal Aplikasi Gojek di play store.
3.
Dari aplikasi Gojek kita bisa langsung melihat tarif
yang harus kita bayar ketika kita mau bepergian ke suatu tempat,sehingga kita
bisa tau berapa biaya yang harus kita bayar.
3.2. SARAN
Bagi para
pengemudi ojek konvensiaonal,sebaiknya memiliki kemauan untuk mengikuti
teknologi pada zaman ini, jangan selalu menyalahkan teknologi yang
berkembang sehingga bisa ikut bekerja dengan perusahan ojek online dan
menggunakan gadget selama bekerja. Dan Semoga dengan adannya transportasi
online ini memberikan pengaruh baik transportasi bagi masyarakat.
DAFTAR PUSTAKA
http://makalahjurusansisteminformasi.blogspot.com/2016/01/makalah-bedah-aplikasi-gojek.html
https://milaminora.wordpress.com/2016/02/13/sistem-informasi-manajemen-studi-kasus-go-jek-2/
Posting Komentar