Melaju Bersama Telkom Indonesia

Salam Berbagi ( SABEGI ), Keberadaban manusia terus menumbuhkan daya cipta yang berkembang di kalangan masyarakat luas, semakin mempermudah kehidupan dalam suatu tatanan yang praktis dan simpel. Daya cipta yang terus di latih untuk membuat sesuatu yang baru dan berguna dalam kehidupan masyarakat, sehingga terlahirlah suatu kehidupan yang dinamis dalam menyongsong kemajuan zaman.



Telkom Indonesia telah berperan banyak dalam membantu kebutuhan masyarakat dengan berbagai tawaran produk yang di milikinya. Semakin majunya negeri ini tentu di pengaruhi oleh daya fasilitas yang mendukung. Telkom Indonesia sejauh ini telah menfasilitasi segala kebutuhan masyarakat yang progres dan berkembang seiring berjalanya waktu.

Lahirnya berbagai produk dari Telkom membuat masyarakat Indonesia semakin mudah untuk menjangkau segala kebutuhan. Semakin majunya perkembangan zaman semakin variatif produk yang terlahir ke dunia. Produk-produk yang di ciptakan tersebut semata-mata untuk mempermudah manusia dalam menjangkau kebutuhanya.

Salah satu produk yang terlahir dari Telkom adalah adanya area wifi corner yang tersedia di beberapa tempat keramaian dan di area kantor Telkom. Fasilitas ini sangat efisien untuk di gunakan pada zaman seperti ini. Terlebih kepada para pelajar dan mahasiswa, yang sehari-hari di tuntut untuk mempunyai wawasan yang luas. Fasilitas ini tentunya sangat mempermudah sekali, meskipun pada zaman seperti ini telah menjamur teknologi sejenis Smartphone. Akan tetapi tidak semua orang mampu mengoptimalkanya tanpa adanya dukungan fasilitas jaringan yang kuat.

Seperti halnya di pelosok Desa yang jauh dari jangkauan Kota, sehingga sulit untuk mendapatkan akses jaringan yang kuat. Akibatnya kemampuan Smartphone belum bisa di operasikan dengan maksimal. Telkom memiliki jangkauan jaringan yang sangat luas, namun pada teknologi Smartphone telah menggunakan jaringan 3G bahkan telah sampai 4G, bagi masyarakat desa yang sangat jauh dari kota sangat sulit untuk menemukan jaringan tersebut, karena tidak ke semua pelosok Desa teraliri oleh jaringan 3G, biasanya jaringan Edge itu sudah sangat membantu.

Fasilitas Wifi Corner yang tersedia pada kantor Telkom sangat membantu bagi kalangan Mahasiswa ataupun pelajar, terlebih bagi mereka yang tinggal di pusat kota. Mereka dapat menggunakan dengan sepenuh kebutuhan mereka, dengan mengeluarkan biaya yang tidak begitu mahal dan juga jangkuan kuota yang tidak terbatas.

Begitu juga Mahasiswa atau pelajar yang tinggal di Desa, mereka bisa mengunjungi Wifi Corner ini selama tiga kali dalam satu minggu atau bisa lebih. Dengan biaya yang variatif lebih murah ketimbang membelikan Kartu Perdana denga Kuota Internet yang terbatas. Di samping itu juga bisa lebih efisien dalam menggunakan fasilitas digital bagi Pelajar atau Mahasiswa yang tinggal di Desa.

Karena dengan demikian mereka memang tidak bisa mengunjungi area Wifi Corner ini setiap hari, namun ketika waktu mereka menggunakan area Wifi corner, mereka dapat mencari referensi yang mereka gunakan. Dan pada waktu sisa ketika mereka tidak bisa untuk berkunjung ke area ini, mereka bisa mengimplementasikan wawasan yang mereka dapat dari hasil mencari referensi pada hari sebelumnya. Sehingga wawasan yang ia dapat benar-benar bermanfaat dan bisa di aplikasikan kepada diri sendiri maupun masyarakat.

Karena pada umumnya manusia sangat mudah bosan dan tidak pernah merasa puas, saya rasa Telkom Indonesia telah menfasilitasi segala kebutuhan manusia, jadi tidak ada lagi kesulitan bagi masyarakat yang tinggal di Desa, begitu juga masyarakat di Kota bisa mengoptimalkan fasilitas ini dengan baik. Karena hanya orang yang sungguh-sungguhlah yang bisa memanfaatkan fasilitas dengan baik.

Sementara satu hal yang ingin saya capai dari fasilitas ini, saya ingin membuat aplikasi Pemilu sederhana yang bertujuan untuk memudahkan dalam proses pemilu, karena seiring berjalanya waktu Smartphone benar-benar telah menjamur. Jadi menurut saya Pemilu bisa lebih efektif apabila di buat dengan system aplikasi layaknya berbelanja online.

Berhubung saya Mahasiswa yang tinggal di Desa, saya terbiasa menggunakan fasilitas Wifi Corner selama tiga hari dalam satu minggu, saya menggunakanya untuk mencari referensi dan mengimplementasikanya di rumah ketika ada waktu luang diluar pekerjaan.

Sementara saya sendiri memiliki latar belakang pendidikan SMK pada jurusan Multimedia, pernah sedikit saya belajar tentang program wbsite meskipun itu offline. Setidaknya saya mempunyai basic dan ilmu dasar untuk mengembangkan pengetahuan tersebut. Dengan fasilitas Wifi Corner ini saya bisa mencari referensi dan belajar kepada para ahli programmer yang bertebaran di situs Online, sehingga nanti saya bisa mengimplementasikanya sendiri.

Nah pada saat saya menjadi Mahasiswa inilah, saya rasa menjadi kesempatan saya untuk mengembangkan pengetahuan saya, untuk mempermudah pelaksanaan kegiatan. Setidaknya ruanglingkup kecil seperti di wilayah kampus.

Saya melihat sebuah peluang pada saat pemilihan ketua BEM, saya ingin mencoba menyumbangkan pengetahuan sederhana saya ini. Dan jika nanti itu berhasil, saya bisa menawarkan kepada KPU ketika Pemilihan Kepala Desa di Desa saya, begitu juga selanjutnya, jika itu juga berhasil maka akan saya tawarkan pada KPU Daerah.

Jadi bagi saya tidak ada lagi hal yang sulit untuk mengembangkan pengetahuan, sudah jelas di zaman sekarang serba praktis dan siap saji. Hanya dengan genggaman tangan kita bisa mengendalikan dunia, kita bisa mengendalikan perekonomian, cukup canggih bukan. Semua itu hanya tergantung pada manusianya, jika manusia tersebut cerdas dalam menggunakan teknologi saya yakin, insyaallah mereka akan berhasil.
#IndonesaiMakinDigital

1 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama