Pelaksanaan Sholat Idul Adha Ngudi Laras

Rohmadi, ( SABEGI ) Salam Berbagi, Sholat idul fitri adalah sholat 2 rakaat yang dikerjakan pada hari raya idul fitri, yaitu setiap tanggal 1 Syawal. Sholat idul adha adalah sholat 2 rakaat yang dikerjakan pada hari raya idul adha, yaitu setiap tanggal 10 Dzulhijjah.

Hukum kedua sholat 2 hari raya ini (Sholat Ied) adalah Sunnat Muakkad, yaitu sunat yang sangat dianjurkan. Waktu pelaksanaannya adalah mulai sejak matahari terbit sampai condong kebarat. Pada Sholat tidak di sunnahkan adzan maupun iqamah, untuk memulai sholat id, bilal cukup mengucapkan “ASSHOLAATU JAAMIAH” yang artinya “marilah kita kerjakan sholat berjamaah”


Seperti di MAsjid Haya alashola  di jalan Garuda 2 RT 15 Sapta Mulia, Sholat Idul adha di gelar secara berjamaah. Sholat idul adha mulai pada pukul 07.00 WIB, Sebagaimana petudas sholat idul adha ini, Imam Bapak Rusno,  Khotib Bapak Suratno, Bilal Bapak Asidik.

Dalam pelaksanaan solat idul adha ini bapak  Bambang selaku ketua RW menyampaikan, agar kita tetap sabar dan bersyukur atas ujian kekeringan ini. Hampir semua sumur warga mengalami kekeringan yang sangat dahsyat.

Dalam kutbahnya bapak Suratno juga menyampaikan agar kita tetap meningkatkan ketakwaan kita kepada allah swt. Agar keberkahannya yang sudah lama di nanti oleh umat muslim segera turun ( Hujan ).

Semoga allah segera menurunkan rahmat turunya hujan kepada semua umat manusia di dunia yang telah lama mengalami kekeringan ini.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama