Langkah Singkat Berhenti Merokok

Rohmadi, (SABEGI) Salam berbagi, Rokok merupakan jalan utama menuju pintu narkoba, yang awalnya hanya mencoba-coba. Merokok membunuhmu. Slogan yang kerap muncul di iklan rokok itu mengingatkan akan penyakit jantung, stroke dan kanker yang dapat timbul dari kebiasaan merokok. Namun, berhenti merokok bukan hal yang mudah bagi kebanyakan orang. Beberapa cara berikut ini dapat digunakan untuk Anda yang ingin berhenti merokok.



1. Meditasi, Yoga dan Teknik Relaksasi

Kebanyakan orang merokok untuk relaksasi. Jadi carilah aktivitas yang memberikan efek menenangkan yang sama. Meditasi dapat membantu Anda mendapatkan kontrol pada tubuh Anda, sedangkan teknik relaksasi dapat membuat Anda lebih rileks. Cobalah yoga bila Anda belum pernah mencobanya.

2. Olahraga

Keinginan untuk mengkonsumsi nikotin akan berkurang dengan timbulnya serotonin dan dopamine di dalam otak. Pergi ke gym, jogging di taman atau lari di treadmill. Bahkan latihan beban pun dapat memberikan efek positif. Shape Magazine melaporkan bahwa “perokok yang melakukan olahraga angkat beban selama 12 minggu pada saat berusaha berhenti merokok memiliki kemungkinan 2 kali lipat untuk berhenti dibandingkan yang tidak pernah olahraga”.

3. Menulis

Ambil sebuah buku dan tulislah tanggal Anda akan berhenti merokok. Buatlah daftar alasan Anda mau berhenti merokok, lalu buatlah satu daftar lagi yang menjelaskan kenapa berhenti merokok sulit bagi Anda. Tuliskan kesulitan Anda secara detil termasuk hari dan jam Anda biasa merokok. Setelah itu carilah solusi untuk setiap kesulitan. Dengan mengantisipasi kesulitan yang akan dihadapi, tingkat keberhasilan akan lebih tinggi.

4. Makanan Sehat

Mengkonsumsi buah dan sayur, dan memiliki gaya hidup sehat akan menurunkan keinginan untuk merokok. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Buffalo menemukan bahwa menyediakan buah dan sayur sebagai camilan dapat mengurangi kebiasaan merokok.

5. Berhenti Pada Hari Senin

Meskipun terdengar aneh, namun Google mencatat bahwa pada tahun 2013, perokok mencari cara berhenti merokok paling banyak pada awal minggu dibandingkan dengan hari lainnya. Kalimat seperti “bantuan untuk berhenti merokok” bermunculan di kotak pencarian pada hari Senin.

6. Berhenti Membeli

Jika Anda tidak memiliki rokok atau korek di kantung pakaian, maka Anda akan cenderung untuk tidak merokok karena usaha tambahan yang harus dilakukan untuk menyalakan rokok. Jangan lupa untuk menyingkirkan semua hal yang akan mengingatkan Anda pada rokok seperti korek api dan asbak.

7. Mencari Teman

Lebih mudah untuk berjuang berhenti merokok bersama teman karena Anda dapat saling mendukung dan mengingatkan. Selain itu, Anda dapat menemukan hobi ataupun kesibukan bersama yang menyita waktu dan membuat Anda melupakan rokok.

( Sumber : http://www.kalcare.co.id/ )

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama