Ujian Kompetensi Kejuruan Multimedia SMKN 6 Tebo di Gelar dalam Tiga Sesi


Dalam pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) ada tiga tahap saat menjelang menghadapi akhir sekolah. Pendidikan di SMK sangat berbeda jauh dengan pendidikan SMA/MA, karena pada dasarnya pendidikan di SMK menyiapkan generasi yang siap bekerja dan bisa melanjutkan pendidikan. Maka pada semester 6 nantinya siswa/siswi akan mengahadapi tiga ujian akhir yaitu, UKK ( Ujian Kompetensi Kejuruan ), UAS ( Ujian Akhir Sekolah ) dan UN ( Ujian Nasional ).


Setiap Sekolah Menengah Kejuruan memiliki konsep yang berbeda-beda dalam menerapkan pelaksanaan UKK, namun pada dasarnya sudah ada ketetapan secara nasional. Pada tahun 2016 ini terdapat 34 siswa jurusan Multimedia yang hendak mengikuti UKK.

Tugas mereka adalah menyelesaikan sebuah Bumper/Opening video dalam waktu tiga jam. Dalam tenggang waktu tersebut mereka harus menerapkan beberapa kriteria seperti penerapan efek 2D, 3D, gambar graifis, video dan spesial efect lainya.

Disamping itu perangkat lunak yang di gunakan juga di sediakan oleh panitia pelaksana dan terbatas. Kemudian siswa/siswi juga harus membentuk konsep sesuai dengan imajinasi masing-masing serta menyiapkan bahan-bahan yang akan di bentuk berdasarkan konsep mereka.

Pada UKK tahun 2016 ini pihak sekolah menghadirkan sejumlah pengawas dari luar sekolah dan pihak industri setempat. Tujuannya agar kemampuan mereka dapat di ukur secara luas bukan hanya di ruang lingkup sekolah.

Pada pelaksanaanya di bagi dalam tiga sesi, kelompok pertama mengerjakan mulai pukul 08.00 hingga pukul 10.00 dan seterusnya.

Pihak sekolah berharap pelaksanaan UKK ini berjalan dengan baik dan tertib sebagaimana mestinya. Dan siswa/siswinya juga dapat bertanggung jawab dengan apa yang telah mereka dapat selama tiga tahun ini.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama