6 Fakta COVID-19 dari UNICEF yang Wajib Diketahui agar Tidak Panik


Beilmin - Semakin banyak beredar informasi keliru atau hoax mengenai COVID-19. Hal ini membuat masyarakat panik dan tidak percaya dengan pemerintah.

Karena itu, Badan Kesehatan Dunia (WHO) pun menyatakan bahwa infodemic menjadi masalah serius dari COVID-19. Infodemic di sini maksudnya adalah penyebaran informasi keliru yang dimaksudnya agar masyarakat panik.

Nah, agar Anda tidak panik, UNICEF belum lama ini membagikan video edukasi yang menjelaskan 6 fakta COVID-19 menurut health expert UNICEF, berikut penjelasannya;

1. COVID-19 menyebar melalui kontak langsung

Virus penyebab COVID-19 menyebar melalui kontak langsung. Mulai dari droplet air liur karena bersin atau batik dari orang yang terinfeksi hingga memegang gagang pintu yang sebelumnya disentuh pasien COVID-19.

"Beritahu anak Anda untuk menjaga jarak setidaknya satu meter dari orang yang sedang batuk, habis bersin, atau sedang flu," ungkap Senior Producer UNICEF Priyanka Pruthi.
2. Gejala

Ada tiga gejala umum dari COVID-19, yaitu demam, batuk, dan sulit bernapas. Infeksi virus menyebabkan penumonia atau kesulitan bernapas. Jika dibiarkan, masalah ini akan semakin serius atau fatal. Kelompok rentan COVID-19 adalah mereka yang sudah tua atau mereka yang sudah memiliki penyakit serius sebelumnya.

3. Pencegahan yang bisa dilakukan

Cuci tangan menjadi salah satu cara pencegahan yang disarankan. Untuk cuci tangan yang benar, Anda diminta melakukannya selama 20 detik menggunakan sabun dan air bersih. Jika ingin lebih sederhana, bisa gunakan handsanitizer.

Selain cuci tangan, Anda juga diminta untuk menutup mulut dan hidung ketika batuk dan bersin. Gunakan siku jika Anda tidak menggunakan masker.

4. Bisakah masker mencegah COVID-19?

Kalau Anda tidak punya gejala COVID-19, maka tidak perlu menggunakan masker. Cuci tangan lebih penting daripada menggunakan masker. Nah, kalau Anda memang sedang batuk dan flu, menggunakan masker adalah jalan terbaik agar tidak menyebarkan ke orang lain.
5. Bisakah ibu hamil terinfeksi COVID-19?

Sampai sekarang belum ada bukti tambahan yang menjelaskan bahwa ibu hamil bisa menularkan COVID-19 ke janin. Data tentang efek dari COVID-19 ke janin pun belum ada.

6. Apakah sudah ada obat untuk mengatasi COVID-19?

Sampai sekarang tidak ada obat yang bisa mengatasi penyakit COVID-19. Karena tidak ada obat, Anda diharuskan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh.

Sumber : https://umma.id/s/JvA3Yv

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama