Kenali Perbedaan Baking Powder dan Baking Soda

Beilmin - Berkreasi di dapur memang menyenangkan dan menjadi hobi baru bagi sebagian orang saat ini. Tak hanya untuk memasak makanan sehari-hari tetapi juga membuat kue lebaran misalnya.
Nah, tentunya saat membuat kue kita pasti ingin hasilnya mengembang sempurna atau tidak bantat. Untuk itu membuat kue membutuhkan pengembang atau biasanya kita kenal baking powder dan baking soda.
Mungkin selama ini kita mengenal bahwa baking powder dan baking soda itu memang sama, karena memang untuk mengembangkan kue. Namun baking powder dan baking soda itu ternyata berbeda lho.
Nah, supaya tidak salah penggunaan maka kenali yuk perbedaannya, sehingga kue yang dimasak pun sesuai dengan yang diharapkan. Dilansir dari akun Instagram @forum.masak, simak yuk perbedaannya.
1. Fungsi
Baking soda cocok digunakan pada kue yang diolah dengan cara kukus atau panggang. Sementara baking powder lebih baik digunakan pada jenis kue kering yang tidak mengandung asam. 
2. Penggunaan pada Adonan Kue
Dalam menggunakan baking soda, adonan kue harus segera dikukus atau dipanggang. Jangan terlalu lama di luar atau didiamkan begitu saja karena akan menyebabkan kue bantat. Sementara pada baking powder tak perlu memperhatikan hal tersebut.
3. Pengaruh Rasa pada Adonan Kue
Rasa kue yang menggunakan baking soda akan lebih getir, apalagi kalau menggunakannya berlebihan. Sementara itu pada baking powder tak menghasilkan rasa getir pada kue.
Itulah perbedaan antara baking powder dan baking soda. Beda nama, beda juga fungsi dan cara penggunaannya. Semoga info ini bermanfaat ya. Selamat berkreasi di dapur!
(abp)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama