KEKUASAAN DAN KEPEMIMPINAN

Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

 



A.    Sumber Kekuasaan

Para ahli menyatakan bahwa sumber kekuasaan secara berbeda-beda. Ada yang mengatakan bahwa seseorang mempunyai kekuasaan karena (a) memiliki posisi dalam sebuah organisasi  (position power), (b) kepribadian seseorang (personality power), (c) keahlian seorang (expert power), (d) memiliki kesempatan pada sesuatu  yang penting (opportunity power) (e)memiliki kemampuan fisik yang kuat (physical power), (f) memiliki kemampuan ekonomi (economic power), (g) memiliki kemampuan pengetahuan yang lebih dari yang lain (knowledge power), memiliki ideologi yang dikagumi orang dan (h) penampilan kerja yang baik (performance power).

B.     Taktik dan Strategi Kekuasaan

Kekuasaan sering kali di konotasikan dengan hal yang negative. Hal ini disebabkan pelaksaan kekuasaan sering kali terselubung, tidak jelas atautidak terbuka sehingga sulit untuk mengatakan apakah suatu perilaku termasuk perilaku yang melibatkan kekuasaan atau tidak. Misalnya, seseorang menjelaskan metode kerja tertentu kepada orang lain dalam melaksanakan suatu pekerjaan dengan mengatakan metode ini merupakan metode kerja yang terbaik, padahal sesungguhnya metode tersebut mengakibatkan situasi yang paling sesuai dan menguntungkan bagi kepentingannya atau kelompoknya.

C.    Kekuasaan dan Ketergantungan

Terdapat hubungan erat antara kekuasaan dengan ketergantungan. Seseorang akan mempunyai kekuasaan yang besar terhadap orang lain apabila orang tersebut dapat mengendalikan sesuatu yang sangat dibutuhkan orang lain sehingga dia menjadi sangat bergantung kepadanya. Pada satu sisi seorang buruh  sangat membutuhkan pekerjaan yang menghasilkan uang untuk dapat menghidupi keluarganya. Pada sisi lain, pemilik perusahaan, tempat siburuh kerja, dapat mengendalikan balas jasa berupa uang yang diterima buruh. Selain itu, pemilik perusahaan membutuhkan buruh dalam melakukan pekerjaan agar perusahaan dapat mencapai tujuannya.

 Hosting Unlimited Indonesia

D.    Manusia dan Kekuasaan

Sama halnya dengan kepribadian, persepsi atau cirri-ciri demografisselalu melekat pada seseorang dan diasumsikan dapat mempengaruhi perilaku, kekuasaan juga merupakan sesuatu yang melekat pada seseorang individu yang mempengaruhi perilaku. Tidak ada orang yang tidak mempunyai kepribadian. Namun antara A dan B memiliki kepribadian yang berbeda. kekuasaan selalu melekat pada setiap manusia( Harbert G. Hicks and Ray Gullett, 1974).

E.     Kekuasaan dan Organisasi

Struktur yang ada dalam organisasi dapat mengakibatkan perbedaan kekuasaan di antara setiap orang atau kelompok dalam organisasi. Kemungkinan-kemungkinan yang terjadi adalah seseorang atau kelompok memilik sumber kekuasaan yang lebih besar dari pada sumber kekuasaan yang lain atau hamper sama.

F.     Kekuasaan dan Perilaku

            Organisasi sebagai kumpulan individu atau kelompok yang interaksi di antara mereka diatr oleh sebuah struktur, didalamnya terdapat perbedaan peran-peran dan tujuan di antara individu atau kelompok tersebut. Hakikat seorang individu yang senantiasa memiliki sumbersumber kekuasaan dan memiliki motif terhadap kekuasaan mengakibatkan interaksi antar individu terjadi dalam proses kekuasaan yaitu usaha memengaruhi orang lain untuk berprilaku sesuai dengan yang diharapkan.

G.    Kekuasaan dan Kepemimpinan

            Salah satu demensi efektivitas kepemimpinan adalah pemimpin itu sendiri. Oleh karena itu , kekuasaan menjadi salah satu factor penting dalam mementukan efektivitas  untuk mempengaruhi anggotanya supaya berprilaku tertentu sebab kekuasaan merupakan sesuatu yang melekat pada seseorang. Setiap orang memiliki kekuasaan, sesuatu yang membedakan adalah kekuasaan A terhadap B lebih besar dari pada kekuasaan B terhadap A.

Cloud Hosting Indonesia

-----------------------------------------------------------------------
Daftar Referensi

Thoha , Miftah, 2009. Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada
Badeni , 2013. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Bandung : Alfabeta, CV

Safaria , Triantoro, 2004. Kepemimpinan. Yogyakarta : Graha Ilmu

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama