MAKALAH UPAYA MENJAGA KEBERSIHAN SEKOLAH OLEH SISWA



MAKALAH
UPAYA MENJAGA KEBERSIHAN SEKOLAH OLEH SISWA




 SMP NEGERI 3  PELEPAT ILIR
DISUSUN OLEH : ANA MUSFIROH
KELAS :     IX.4





DINAS PENDIDIKAN NASIONAL KABUPATEN BUNGO
SMP NEGERI 3 PELEPAT ILIR
TAHUN PELAJARAN 2015/2016


KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya, sehingga penulis dapat menyelesaikan karya tulis ilmia sederhana ini dengan judul “upaya menjaga kebersihan sekolah oleh siswa smp negeri 3 pelepat ilir”
Karya ilmiah ini disusun dalam rangka memenuhi tugas mata pelajaran Bahasa indonesia. Terima kasih penulis ucapkan kepada ibu Yurneni S.Pd dan Bapak Viki Azhar S.Pd yang telah membimbing penulis dalam menyelesaikan makalah ini. Tak lupa penulis ucapkan terima kasih kepada teman-teman yang telah berperan aktif membantu penulis .
Penulis menyadari bahwa penyusunan karya ilmiah ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran dari pembaca yang sifatnya membangun guna menyempurnakan karya ilmia ini.
     Semoga dengan adanya karya ilmia ini dapat bermanfaat bagi pemdaca serta dapat menyadarkan suiswa – siswi SMP 3 pelepat ilir untuk menjaga kebersihan sekolah.

     
                                                                                Penulis


                                                                                            Ana Musfiroh



DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL....................................................................................... i
KATA PENGANTAR.................................................................................... ii
DAFTAR ISI.................................................................................................... iii
BABI PENDAHULUAN                                           
1.1     Latar Belakang Masalah.......................................................................... 1
1.2     Tujuan Penulisan.................................................................................... 2
1.3     Rumusan masalah .................................................................................. 2
BABII PEMBAHASAN
2.1     Pengertian kebersihan lingkungan dan siswa smp ................................. 3
2.2     Syarat-syarat lingkungan yang sehat ...................................................... 4
2.3     Cara-cara membersihkan  lingkungan sekolah........................................ 4
2.4     Cara-cara menyadarkan siswa-siswi smp................................................ 5
2.5     Upaya menjaga kebersihan sekolah oleh siswa smp............................... 5
BABIII PENUTUP
3.1     Kesimpulan............................................................................................. 7
3.2      Saran...................................................................................................... 7
Daftar pustaka





BAB I
PENDAHULUAN

1.1              Latar Belakang Masalah
 Kebersihan lingkungan sangat perlu kita jaga , baik dilingkungan peribadi maupun umum . Kebersihan lingkungan merupakan faktor penting untuk menjaga diri kita . Salah satu lingkungan yang harus kita jaga adalah lingkungan sekolah seperti SMP negeri 3 pelepat ilir . Lingkungan sekolah yang bersih akan membuat nyaman siswa-siswi dalam belajar, bahkan guru pun ikut merasa nyaman dalam proses mengajar.
 Sampah merupan benda yang sudah tidak dapat digunakan lagi. Ini diperjelas dalam kutipan buku yang berjudul “penanganan sampah” yang berbunyi:
“Sampah adalah suatu bahanyang terbuang atau dibuang dari sumber hasil aktifitas manusia maupun alam yang belum memiliki nilai ekonomis.”
Di smp negeri 3 pelepat ilir banyak terdapat slogan tentang pentingnya menjaga kebersihan . Tetapi sepertinya itu belum bisa menyadarkan para siswa yang masih bersikap apatis dalam menjaga kebersihan. untuk itu penulis menyusun karya tulis ini dengan judul upaya menjaga kebersihan sekolah oleh siswa smp negeri 3 pelepat ilir . Supaya para pembaca menyadari bahwa menjaga kebersihan lingkungan itu sanghat  penting. Karna sesunggunya kebersihan adalah sebagian dari iman. Jadi kita harus selalu bersih, agar terhindar dari berbagai penyakit.
1.2              Tujuan Penulisan
1.      Untuk memenuhi tugas mata pelajara Bahasa Indonesia dalam materi menulis karya tul;is ilmiah sederhana .
2.      Penulisan untuk memicu kesadaran siswa-siswi smp negeri 3 pelepat ilir untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah dengan baik dan rutin.


1.3              Rumusan Masalah
1.      Pengertian kebersihan lingkungan dan siswa smp
2.      Syarat-syarat lingkungan yang sehat
3.      Cara-cara menjaga lingkungan sekolah
4.      Cara-cara membersihkan lingkungan sekolah
5.      Upaya menjaga kebersihan sekolah oleh siswa smp






















BAB II
PEMBAHASAN

2.1              A. Pengertian Kebersihann Lingkungan
Kebersihan lingkungan adalah keadan dimana lingkungan tersebut bebas dari segala kotoran, seperti debu, sampah, serta bau. Setiap orang pasti menginginkan lingkungan yang bersih dan sehat. Lingkungan yang bersih merupakan hal yang tidak terpisah dari kehidupan manusia dan merupakan unsur yang fundamental dalam ilmu kesehatan dan pencernaan.
Kebersihan lingkungan adalah menciptakan lingkungan yang sehat sehingga tidak mudah terserang berbagai penyakit seperti deman berdarah,  muntaber, dan lain-lain . Ini dapat dicapai dengan menciptakan suatu lingkungan yang bersih indah dan nyaman .

2.1      B. Pengertian siswa SMP
Pengertian siswa dalam isi kutipan buku yang berjudul “mengajar kelas multikultural” yang berbunyi
“Siswa adalah pribadi dengan potensi kebingungan  pengabdian atas aturan yang disepakati , jemu atas jalan keluar yang tak kunjung ada dan mengharap terlalu tinggi akan kepuasan diri”.
     
Siswa akan mudah mengerti apabila siswa  tersebut merasakan nyaman dan akan berkonsentrasi dalam belajar . Jadi kita sebagai siswa harus terus menjaga lingkungan sekolah .
 Siswa juga sering disebut dengan murdi, murid adalah subyek sekaligus obyek pendidikan atau pembelajaran. Murid juga merupakan bagian yang sangat pentik dalam dunia pendidikan secara umum. Oleh karmna itu, pendik atau guru, dituntut memperhatikan kebutuhan murid. Adapun perhatian utama yang diperlukan adalah tentang cara belajar siswa atau murid ini.
2.2              Syarat-syarat lingkungan yang sehat
·  Keadaan Air
Air yang sehat adalah air yang tidak berbau , tidak tercemar dan dapat dilihat kejernihan air tersebut. Kalau sudah pasti kebertsihannya dimasak dengan suhu 1000C sehingga bakteri yang berada diair tersebat mati .
·  Keadaan udara
Udara yang nsehat adalah udara yang didalamnya terdapat yang kita                                                                                                                               perlukan . contohnya oksigen dan didalamnya tidak tercemar oleh zat-zat yang merusak tubuh . Contohnya CO2( Zat carbon-dioksida ).
·  Keadaan tanah
Tanah yang baik dan sehat adalah tanah yang baik untuk penanaman suatu tumbuhan, dan tidak tercemar oleh zat-zat logam berat.
2.3              Cara-cara membersihkan lingkungan sekolah
Cara membersihkan lingkungan sekolah sebagai berikut :
·  Siapkan pralatan pembersih  mulai dari sarung tangan, masker, kemoceng, sapu ijuk, sapu lidi, sapu ijik panjang, kain lap, kain pel, sempotan air atau spray, dan ember.
·  Gunakan masker dan sarung tangan dan masker.
·  Bersihkan plafon sekolah menggunakan sapu ijuk panjang.
·  Bersihkan meja. Kursi, vas bunga, bingkai foto, jam, dan sela-sals jendela menggunakan kemoceng.
·  Menyapu ruangan kelas menggunakan sqapu ijuk, lalu mengisi ember dengan air . Tambahkan super pel utuk menimbulkan bau harum dalam ruangan. Pellah semua ruangan kelas.
·  Menyapu halaman depan dan belakang kelas menggunakan sapu lidi. Kumpulkan sampah lalu pisahkan sampah organik dan non organik. Sampah organik dapat kita jadikan pupuk kompos. Sedangkan non organik kita dapat mengubahnya menjadi barang daur ulang.
·  Membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada pintu atau jendela menggunakan lap kain, dapat digunakan dalam keadaan basah atau kering.
·  Menguras bak wc seminggu sekali agar tidak tumbuh jentrik-jentik nyamuk.
·  Menggosok dan membersikan wc dapat menjaga kebersihan dan memberi efek nyman bagi siswa.
·  Lakukan semua dengan teratur.

2.4              Cara-cara menyadarkan siswa-siswi
Cara menyadarkan siswa dalam pentingnya menjaga lingkungan memang sangat sulit. Sebenarnya kurang kesadaran para siswa dan kemauan berubah itu tidak ada. Oleh karna itu faktor utama yang menjadikan kurangnya kebersisan linngkungan sekolah dan sekitar adalah diri kita sendiri. Untuk mengubah semua itu, ada beberapa cara untuk menghilangkan prilaku malas dan prilaku buruk yang lainya yaitu:
·  Membiasakan membung sampah pada tempatnya.
·  Tidak  membuang sampah sembarangan.
·  Melakukan piket kelas secara teratus.
·  Melakukan gotong royang setiap hari saptu.
·  Membersihkan wc seminggu sekali
·  Menguras bak-bak yang ada di wc guru dan murit seminggu sekali.
Dengan melakukan hal-hal tersebut diharapkan nantinya akan menumbuhkan rasa sadar terhadap siswa-siswi smp negeri 3 pelepat ilir dalam menjaga lingkungan.
2.5              Menjaga kebersihan sekolah
Sekolah merupakan salah satu lembaga formal pendidikan yang berfungsi meningkatkan pengetahuan dan kemampuan anak. Sekolah juga merupakan tempat kita memperoleh berbagai ilmu pengetahuan sebagai bekal untuk bertahan hidup dikemudian hari paham dan pengenalan mengenal lingkungan dapat diperoleh anak melalui pendidikan disekolah.Cara menjaga lingkungan tempat belajar yaitu:
·  Menyusun program sekolah hijau.
·  Mendaftar atau menginvestasika dan melaksanakan program sekolah hijau yaitu: membangun kegiatan apotek hidip ditempat belajar. Mengurangi atau menghemat lamou, pendingin ruangan kelas, konsumsi air, dan energi lainnya. Membangun mekanisme pembangunan sampah ditempat belajar. Membiasakann untuk kegiatan hemat atau bahkan mendaur ulang semua kertas, plastik dan sejenis. Menyediakan tempat sampah berdasarkan jenis sampah. Mengkondisikan kegiatan ekxtra kulikuler berbasis lingkungan, seperti kelompok hijau, pecintaalam, dan sejenisnya. Melakukan diskusi atau studi khusus tentang pemeliharaan lingkungan tempat belajar dan sejenisnya. Contohnya menonton film bertemakan lingkunga, kemudian mendiskusiksn atau membahas bersama-sama. Melakukan tata tertip kebersihan dan kelestarian lingkungan tempat belajar. Mengadakan gerakan cinta kebersihan dan kesehatan lingkungan tempat belajar.




















BABIII
PENUTUP

2.1              Kesimpulan
Kesimpulan dari pembahasan diatas adalah kebersihan sekolah harus dijaga bersama-sama agar terbentuk suasana aman dan nyaman dalam proses belajar mengajar. Siswa-siswi smp negeri 3 pelepat ilir harus memiliki kesedaran diri menjaga kebersihan sekolah.
2.2              Saran
1.      Selalu membusng sampah pada tempatnya
2.      Memenuhi tata tertip sekolah
3.      Menjaga peralatan yang digunakan untuk pembersihan
4.      Selalu gotong royong setiap hari sabtu













DAFTAR PUSTAKA
 Al-Aziiz, Arief nur rahman. Dkk. 2015. “Buku PR pendidikan Agama Islam”. Klaten : Intan pariwara.
Mustiawati.  2010. “Mengajar kelas multikultural”. Jakarta timur: CV. Sahala Adidayatama.
Sisyantoko. 2008. “Penanganan Sampah”. Jakarta : CV. Citraunggul laksana.
http://dzumanjipunya.wordpress.com/2012/01/02/kesehatan-lingkungan/.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama