MAKALAH
SMP NEGERI 3
PELEPAT ILIR
KELAS
: IX.4
DINAS
PENDIDIKAN NASIONAL KABUPATEN BUNGO
SMP
NEGERI 3 PELEPAT ILIR
TAHUN
PELAJARAN 2015/2016
KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan puji
syukur kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya,
sehingga penulis dapat menyelesaikan karya tulis ilmia sederhana ini dengan
judul “upaya menjaga kebersihan sekolah oleh siswa smp negeri 3 pelepat ilir”
Karya ilmiah ini
disusun dalam rangka memenuhi tugas mata pelajaran Bahasa indonesia. Terima
kasih penulis ucapkan kepada ibu Yurneni S.Pd dan Bapak Viki Azhar S.Pd yang
telah membimbing penulis dalam menyelesaikan makalah ini. Tak lupa penulis
ucapkan terima kasih kepada teman-teman yang telah berperan aktif membantu
penulis .
Penulis menyadari bahwa
penyusunan karya ilmiah ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu penulis sangat
mengharapkan kritik dan saran dari pembaca yang sifatnya membangun guna
menyempurnakan karya ilmia ini.
Semoga dengan adanya karya ilmia ini dapat
bermanfaat bagi pemdaca serta dapat menyadarkan suiswa – siswi SMP 3 pelepat
ilir untuk menjaga kebersihan sekolah.
Penulis
Ana Musfiroh
DAFTAR
ISI
HALAMAN
JUDUL....................................................................................... i
KATA
PENGANTAR.................................................................................... ii
DAFTAR
ISI.................................................................................................... iii
BABI
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah.......................................................................... 1
1.2 Tujuan Penulisan.................................................................................... 2
1.3 Rumusan masalah .................................................................................. 2
BABII
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian kebersihan lingkungan dan siswa
smp ................................. 3
2.2 Syarat-syarat lingkungan yang sehat ...................................................... 4
2.3 Cara-cara membersihkan lingkungan sekolah........................................ 4
2.4 Cara-cara menyadarkan siswa-siswi smp................................................ 5
2.5 Upaya menjaga kebersihan sekolah oleh
siswa smp............................... 5
BABIII
PENUTUP
3.1 Kesimpulan............................................................................................. 7
3.2 Saran...................................................................................................... 7
Daftar
pustaka
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang Masalah
Kebersihan
lingkungan sangat perlu kita jaga , baik dilingkungan peribadi maupun umum .
Kebersihan lingkungan merupakan faktor penting untuk menjaga diri kita . Salah satu
lingkungan yang harus kita jaga adalah lingkungan sekolah seperti SMP negeri 3
pelepat ilir . Lingkungan sekolah yang bersih akan membuat nyaman siswa-siswi
dalam belajar, bahkan guru pun ikut merasa nyaman dalam proses mengajar.
Sampah merupan benda yang sudah tidak dapat
digunakan lagi. Ini diperjelas dalam kutipan buku yang berjudul “penanganan
sampah” yang berbunyi:
“Sampah adalah suatu bahanyang terbuang
atau dibuang dari sumber hasil aktifitas manusia maupun alam yang belum
memiliki nilai ekonomis.”
Di smp negeri 3 pelepat ilir banyak terdapat
slogan tentang pentingnya menjaga kebersihan . Tetapi sepertinya itu belum bisa
menyadarkan para siswa yang masih bersikap apatis dalam menjaga kebersihan. untuk
itu penulis menyusun karya tulis ini dengan judul upaya menjaga kebersihan
sekolah oleh siswa smp negeri 3 pelepat ilir . Supaya para pembaca menyadari
bahwa menjaga kebersihan lingkungan itu sanghat
penting. Karna sesunggunya kebersihan adalah sebagian dari iman. Jadi
kita harus selalu bersih, agar terhindar dari berbagai penyakit.
1.2
Tujuan
Penulisan
1. Untuk
memenuhi tugas mata pelajara Bahasa Indonesia dalam materi menulis karya tul;is
ilmiah sederhana .
2. Penulisan
untuk memicu kesadaran siswa-siswi smp negeri 3 pelepat ilir untuk menjaga
kebersihan lingkungan sekolah dengan baik dan rutin.
1.3
Rumusan
Masalah
1. Pengertian
kebersihan lingkungan dan siswa smp
2. Syarat-syarat
lingkungan yang sehat
3. Cara-cara
menjaga lingkungan sekolah
4. Cara-cara
membersihkan lingkungan sekolah
5. Upaya
menjaga kebersihan sekolah oleh siswa smp
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
A.
Pengertian Kebersihann Lingkungan
Kebersihan
lingkungan adalah keadan dimana lingkungan tersebut bebas dari segala kotoran, seperti
debu, sampah, serta bau. Setiap orang pasti menginginkan lingkungan yang bersih
dan sehat. Lingkungan yang bersih merupakan hal yang tidak terpisah dari
kehidupan manusia dan merupakan unsur yang fundamental dalam ilmu kesehatan dan
pencernaan.
Kebersihan
lingkungan adalah menciptakan lingkungan yang sehat sehingga tidak mudah
terserang berbagai penyakit seperti deman berdarah, muntaber, dan lain-lain . Ini dapat dicapai
dengan menciptakan suatu lingkungan yang bersih indah dan nyaman .
2.1 B.
Pengertian siswa SMP
Pengertian siswa dalam isi kutipan buku yang
berjudul “mengajar kelas multikultural” yang berbunyi
“Siswa adalah pribadi
dengan potensi kebingungan pengabdian
atas aturan yang disepakati , jemu atas jalan keluar yang tak kunjung ada dan
mengharap terlalu tinggi akan kepuasan diri”.
Siswa akan mudah mengerti apabila
siswa tersebut merasakan nyaman dan akan
berkonsentrasi dalam belajar . Jadi kita sebagai siswa harus terus menjaga
lingkungan sekolah .
Siswa juga sering disebut dengan murdi, murid
adalah subyek sekaligus obyek pendidikan atau pembelajaran. Murid juga
merupakan bagian yang sangat pentik dalam dunia pendidikan secara umum. Oleh
karmna itu, pendik atau guru, dituntut memperhatikan kebutuhan murid. Adapun
perhatian utama yang diperlukan adalah tentang cara belajar siswa atau murid
ini.
2.2
Syarat-syarat
lingkungan yang sehat
· Keadaan
Air
Air yang sehat adalah
air yang tidak berbau , tidak tercemar dan dapat dilihat kejernihan air
tersebut. Kalau sudah pasti kebertsihannya dimasak dengan suhu 1000C sehingga
bakteri yang berada diair tersebat mati .
· Keadaan
udara
Udara yang nsehat
adalah udara yang didalamnya terdapat yang kita
perlukan . contohnya oksigen dan didalamnya tidak tercemar oleh zat-zat
yang merusak tubuh . Contohnya CO2( Zat carbon-dioksida ).
· Keadaan
tanah
Tanah
yang baik dan sehat adalah tanah yang baik untuk penanaman suatu tumbuhan, dan
tidak tercemar oleh zat-zat logam berat.
2.3
Cara-cara
membersihkan lingkungan sekolah
Cara
membersihkan lingkungan sekolah sebagai berikut :
· Siapkan
pralatan pembersih mulai dari sarung
tangan, masker, kemoceng, sapu ijuk, sapu lidi, sapu ijik panjang, kain lap,
kain pel, sempotan air atau spray, dan ember.
· Gunakan
masker dan sarung tangan dan masker.
· Bersihkan
plafon sekolah menggunakan sapu ijuk panjang.
· Bersihkan
meja. Kursi, vas bunga, bingkai foto, jam, dan sela-sals jendela menggunakan
kemoceng.
· Menyapu
ruangan kelas menggunakan sqapu ijuk, lalu mengisi ember dengan air . Tambahkan
super pel utuk menimbulkan bau harum dalam ruangan. Pellah semua ruangan kelas.
· Menyapu
halaman depan dan belakang kelas menggunakan sapu lidi. Kumpulkan sampah lalu
pisahkan sampah organik dan non organik. Sampah organik dapat kita jadikan
pupuk kompos. Sedangkan non organik kita dapat mengubahnya menjadi barang daur
ulang.
· Membersihkan
kotoran-kotoran yang menempel pada pintu atau jendela menggunakan lap kain,
dapat digunakan dalam keadaan basah atau kering.
· Menguras
bak wc seminggu sekali agar tidak tumbuh jentrik-jentik nyamuk.
· Menggosok
dan membersikan wc dapat menjaga kebersihan dan memberi efek nyman bagi siswa.
· Lakukan
semua dengan teratur.
2.4
Cara-cara
menyadarkan siswa-siswi
Cara menyadarkan siswa dalam pentingnya
menjaga lingkungan memang sangat sulit. Sebenarnya kurang kesadaran para siswa
dan kemauan berubah itu tidak ada. Oleh karna itu faktor utama yang menjadikan
kurangnya kebersisan linngkungan sekolah dan sekitar adalah diri kita sendiri.
Untuk mengubah semua itu, ada beberapa cara untuk menghilangkan prilaku malas
dan prilaku buruk yang lainya yaitu:
· Membiasakan
membung sampah pada tempatnya.
· Tidak membuang sampah sembarangan.
· Melakukan
piket kelas secara teratus.
· Melakukan
gotong royang setiap hari saptu.
· Membersihkan
wc seminggu sekali
· Menguras
bak-bak yang ada di wc guru dan murit seminggu sekali.
Dengan melakukan hal-hal tersebut
diharapkan nantinya akan menumbuhkan rasa sadar terhadap siswa-siswi smp negeri
3 pelepat ilir dalam menjaga lingkungan.
2.5
Menjaga
kebersihan sekolah
Sekolah merupakan salah satu lembaga
formal pendidikan yang berfungsi meningkatkan pengetahuan dan kemampuan anak.
Sekolah juga merupakan tempat kita memperoleh berbagai ilmu pengetahuan sebagai
bekal untuk bertahan hidup dikemudian hari paham dan pengenalan mengenal
lingkungan dapat diperoleh anak melalui pendidikan disekolah.Cara menjaga
lingkungan tempat belajar yaitu:
· Menyusun
program sekolah hijau.
· Mendaftar
atau menginvestasika dan melaksanakan program sekolah hijau yaitu: membangun
kegiatan apotek hidip ditempat belajar. Mengurangi atau menghemat lamou,
pendingin ruangan kelas, konsumsi air, dan energi lainnya. Membangun mekanisme
pembangunan sampah ditempat belajar. Membiasakann untuk kegiatan hemat atau
bahkan mendaur ulang semua kertas, plastik dan sejenis. Menyediakan tempat
sampah berdasarkan jenis sampah. Mengkondisikan kegiatan ekxtra kulikuler
berbasis lingkungan, seperti kelompok hijau, pecintaalam, dan sejenisnya.
Melakukan diskusi atau studi khusus tentang pemeliharaan lingkungan tempat
belajar dan sejenisnya. Contohnya menonton film bertemakan lingkunga, kemudian
mendiskusiksn atau membahas bersama-sama. Melakukan tata tertip kebersihan dan
kelestarian lingkungan tempat belajar. Mengadakan gerakan cinta kebersihan dan
kesehatan lingkungan tempat belajar.
BABIII
PENUTUP
2.1
Kesimpulan
Kesimpulan
dari pembahasan diatas adalah kebersihan sekolah harus dijaga bersama-sama agar
terbentuk suasana aman dan nyaman dalam proses belajar mengajar. Siswa-siswi
smp negeri 3 pelepat ilir harus memiliki kesedaran diri menjaga kebersihan
sekolah.
2.2
Saran
1. Selalu
membusng sampah pada tempatnya
2. Memenuhi
tata tertip sekolah
3. Menjaga
peralatan yang digunakan untuk pembersihan
4. Selalu
gotong royong setiap hari sabtu
DAFTAR PUSTAKA
Al-Aziiz, Arief nur rahman. Dkk. 2015. “Buku
PR pendidikan Agama Islam”. Klaten : Intan pariwara.
Mustiawati. 2010. “Mengajar kelas multikultural”. Jakarta
timur: CV. Sahala Adidayatama.
Sisyantoko. 2008. “Penanganan Sampah”.
Jakarta : CV. Citraunggul laksana.
http://dzumanjipunya.wordpress.com/2012/01/02/kesehatan-lingkungan/.
Posting Komentar