Taruna Tani SADA Produksi Pupuk Organik Standar Nasional

Salam Berbagi (SABEGI), Taruna Tani Sapta Dasa merupakan suatu usaha tani yang bergerak di bidak peternakan. Taruna tani ini berdiri dari sekumpulan anggota pemuda yang hingga saat ini mencapai 15 anggota. Taruna tani ini lebih fokus dalam pengelohan pupuk organic yang memiliki kualitas tinggi dengan standart nasional Indonesia.



Di tahun 2017 ini taruna tani sapta dasa sudah bisa memproduksi pupuk organik dengan menggunakan mesin standar nasional yang di datangkan oleh pemerintah pada beberapa bulan lalu.

Dalam memproduksi pupuk organik ini taruna tani sapta dasa bisa mencapai 1 hingga 2 ton dalam sebulan. Tergantung pada system kerjanya yang beroperasi cepat atau biasa-biasa saja.

“ Ada beberapa tahap yang harus di lewati dalam proses produksi pupuk organic ini, yang pertama yaitu memisahkan pupuk yang masih basah dan kering, kemudian pupuk yang kering tersebut di fermentasikan dengan ramuan alam hingga satu minggu. Kemudian di balik agar ramuan fermentasi tersebut bisa merata. Setalah fermentasi pupuk tersebut bisa di giling dengan mesin agar lebih halus, dan kemudian di ayak untuk memisahkan sampah-sampah yang tercampur lalu pupuk siap untuk di pasarkan. “ Ujar Heru selaku Manajer pengolahan pupuk organik.


Dalam pemasaranya pupuk organic ini di beri harga 2000 sampai 300 per KG, sementara pupuk yang belum melalui proses fermentasi di beri harga 5000/karung. Dalam produksi pupuk organik ini mencapai profit ratusan ribu.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama