Jokowi Usulkan Warga Mudik Digital, Gimana Caranya?

Beilmin - Presiden Joko Widodo terus mengingatkan warganya agar tidak mudik di saat pandemi virus corona jenis baru penyebab Covid-19. Baru-baru ini Jokowi kembali meminta warga tak melakukan mudik melalui berbagai media sosial milik kepala negara itu.
Ia mengunggah sebuah video animasi berdurasi 4 menit 36 detik di Instagram, Twitter, dan Facebook. Dalam video memperlihatkan ilustrasi proses penyebaran Covid-19 bagi para pemudik.
Itulah yang dikhawatirkan, pemudik justru membawa virus ke kampung halaman dan menularkannya kepada keluarga dan kerabat. Sehingga jumlah pasien positif Covid-19 semakin banyak. Bahkan sebuah desa yang semula tidak terjangkit mungkin saja bisa terpapar Covid-19.
Unggahan Peresiden Jokowi soal mudik digital. (Foto: Instagram)
"Hari-hari ini, pada tahun-tahun yang lampau, biasanya kita sedang menanti-nanti saat untuk mudik Lebaran, ke kampung halaman untuk bertemu orang tua, kerabat, dan handai taulan. Tapi dunia tengah dicengkeram pandemi Covid-19," tulis Jokowi.
Menurutnya tidak mudik adalah cara yang paling bijaksana untuk melindungi keluarga di kampung. Ia meminta masyarakat memberikan peran masing-masing untuk memutus rantai Covid-19.
"Dengan bersabar menahan rindu di perantauan, kita telah mengambil peran dalam memutus rantai penyebaran virus Covid-19," katanya.
Ia pun memberikan solusi agar warga mudik digital. Apa maksudnya?
Dalam narasi video, seseorang bisa mengganti mudik fisik dengan mudik digital. Bahkan setiap berbuka dan sahur bisa melakukan panggilan video dengan keluarga di kampung halaman.
"Begitu juga saat malam takbiran dan hari raya Idulfitri. Seseorang bisa bermaaf-maafan dengan keluarganya melalui panggilan video. Walau jauh ia tidak merasa sendirian," kata narasi video.
Menurut narasi video itu, seseorang yang tidak mudik merupakan keputusan yang bijak. Karena dia telah melindungi diri sendiri, keluarga, dan juga desa kampung halamannya.
Masyarakat diminta untuk menjadi pahlawan bagi negeri dengan menunda mudik sampai wabah Covid-19 mereda. 
Sumber : https://umma.id/s/7Nvmie

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama